Duduk Sambil Menyilang Kaki, Amankan untuk Kesehatan?

- Selasa, 19 Mei 2020 | 13:45 WIB
ilustrasi. (Pixabay)
ilustrasi. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Penyumbatan darah, tekanan darah tinggi, dan masalah pada punggung, disebut berpotensi terjadi dikarenakan seseorang yang duduk kerap menyilangkan kakinya.

Lalu, apakah memang benar duduk sambil menyilangkan kaki berbahaya? Dikutip dari Livestrong, ada beberapa fakta dan mitos tentang hal tersebut.

Yang pertama, walau banyak orang terbiasa dan nyaman dengan posisi duduk tersebut, posisi ini bisa menyebabkan nyeri punggung.

Hal ini disebabkan adanya tekanan pada pelvis dan punggung bagian bawah. Menurut chiropractor Robert A. Hayden, DC, PhD, dari American Chiropractic Association, ada tulang rawan pada sendi yang menahan beban, yang bisa membengkak ketika tidak sejajar atau teriritasi.

Kedua, posisi ini bisa menyebabkan postur tubuh yang buruk. Hayden mengatakan bahwa pada awalnya mungkin kita tidak akan merasa ada yang salah, namun saat kita menyadarinya, sudah ada kerusakan yang sulit untuk diatasi.

Sebuah studi kecil tahun 2016 menyebutkan bahwa posisi duduk sambil menyilangkan kaki bisa menyebabkan skoliosis, penurunan panjang tubuh bagian atas, dan kelainan tulang belakang.

Ketiga, posisi menyilangkan kaki meningkatkan risiko penyumbatan atau penggumpalan darah. Hal ini disebabkan saat kita menyilangkan kaki, ada gangguan pada pembuluh darah di kaki dan memperlambat aliran darah.

Akibatnya, darah dapat mengumpul di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyumbatan darah di kaki. Pakar menyarankan untuk tidak duduk menyilangkan kaki lebih dari 15 menit, apalagi jika memiliki faktor risiko penyumbatan darah, hamil, atau berada dalam penerbangan jarak jauh.

Yang keempat adalah posisi duduk menyilangkan kaki bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi. Disarankan untuk tidak menyilangkan kaki saat mengukur tekanan darah.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Rekomendasi TV Terbaru 2023

Rabu, 4 Januari 2023 | 06:15 WIB

4 Tips Trading Ethereum Agar Cuan Terus

Senin, 12 Desember 2022 | 17:27 WIB

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB

8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:54 WIB
X