Wapres Sentil Prancis soal Toleransi Beragama

- Senin, 9 November 2020 | 15:40 WIB
Wapres RI Ma'ruf Amin (Instagram/@kyai_marufamin)
Wapres RI Ma'ruf Amin (Instagram/@kyai_marufamin)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait Islam menimbulkan gelombang protes dari berbagai negara, khususnya berpenduduk mayoritas muslim. Protes pun banyak dilakukan bersamaan dengan seruan pemboikotan produk negara tersebut.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, Prancis perlu mencontoh Indonesia dalam menerapkan toleransi. Menurutnya, Prancis bisa langsung belajar ke Indonesia.

“Di Barat lepas, sehingga terjadi kegaduhan seperti yang terjadi di Prancis. Sekarang mereka sedang mencari formula baru. Saya bilang, formulanya datang saja ke sini, ke Indonesia,” kata Ma'ruf Amin, Senin (9/11).

Menurutnya, implementasi moderasi beragama di Indonesia mulai dilirik oleh negara-negara lain, khususnya di Barat, karena mengutamakan toleransi di tengah perbedaan masyarakat.

“Sekarang dunia mulai melirik ada apa di Indonesia, walaupun berbeda-beda suku dan agama kok bisa rukun, bisa satu. Ya karena kita menggunakan cara beragama yang moderat, moderasi dalam beragama,” katanya.

Ma’ruf mengatakan toleransi beragama di Indonesia juga didukung dengan penerapan Islam toleran oleh mayoritas penduduk. Moderasi beragama di Indonesia tersebut menjadi aset bangsa yang dapat dipromosikan ke negara lain, khususnya Eropa dan Amerika.

“Ini sebenarnya menjadi satu keunggulan yang luar biasa dan sekarang menjadi model yang lagi dicari, dunia sekarang sedang mencari, Eropa, Amerika dan dunia Barat sedang mencari seperti apa itu relasi antaragama yang bisa rukun itu,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu, Wapres berharap pengamalan ajaran agama yang moderat, adil dan seimbang tersebut dapat terus dipertahankan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia.

“Ini yang harus kita pertahankan. Saya yakin model ini, relasi kemasyarakatan seperti ini akan menjadi model yang sekarang saya bilang sedang dicari di dunia ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

5 Rekomendasi Hotel di Jakarta untuk Business Trip

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:34 WIB

Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:18 WIB

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:53 WIB
X