Komitmen bank bjb Wujudkan Kesejahteraan Desa Lewat Desa Digital 2.0

- Jumat, 10 Desember 2021 | 16:59 WIB
Lewat program Desa Digital 2.0, bank bjb berupaya untuk medorong digitalisasi dalam sejumlah proses administrasi dan layanan keuangan di desa. (bjb)
Lewat program Desa Digital 2.0, bank bjb berupaya untuk medorong digitalisasi dalam sejumlah proses administrasi dan layanan keuangan di desa. (bjb)

BANDUNG - Sebagai bank pembangunan daerah, bank bjb memiliki komitmen untuk seantiasa mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah, terutama di wilayah Jawa Barat dan Banten. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan merancang program digitalisasi desa.

Lewat program Desa Digital 2.0, bank bjb berupaya untuk medorong digitalisasi dalam sejumlah proses administrasi dan layanan keuangan di desa. Sehingga, masyarakat dapat mengakses berbagai fasilitas penunjang kesejahteraan mereka dengan lebih leluasa.

Terdapat setidaknya empat fokus hal yang dikembangkan bank bjb dalam program Desa Digital 2.0, yakni peningkatan akses internet dan fasilitas keamanan, layanan perbankan, pembiayaan kredit dan peningkatan ekonomi masyarakat. Hal-hal tersebut dirangkum dalam pembangunan sejumlah fasilitas, di antaranya seperti WiFi Zone, security monitoring center, bank sampah, dan sebagainya.

Baca Juga: bank bjb Dorong Kemajuan Ekonomi Desa Lewat Penghargaan BumDes bjb Bungah

Untuk peningkatan akses internet dan fasilitas keamanan, bank bjb memberikan koneksi internet melalui fasilitas free WiFi dan integrasi security monitoring center melalui CCTV IP Base yang terhubung ke Polres serta Pemkab setempat. Sementara untuk layanan perbankan, masyarakat dapat mengakses layanan perbankan bank bjb yang telah hadir di kantor-kantor desa dan agen bank bjb lainnya lewat teknologi yang telah dikembangkan bank bjb seperti mobile banking, PPOB, dan EDC bjb Bisa.

"Selain itu, masyarakat desa juga bisa memiliki kesempatan mendapat akes pembiayaan, kredit untuk usaha, ataupun kredit konsumtif dan investasi melalui Desa Digital 2.0. Kemudahan akses ini dapat menjadi peluang bagi tumbuhnya penghasilan masyarakat desa, sekaligus meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat tentang pengelolaan keuangan," ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Saat ini, Widi mengatakan, program Desa Digital 2.0 telah diimplementasikan di 30 desa di berbagai wilayah di Jawa Barat. Terpantau ada sejumlah perubahan kodisi desa selepas bergulirnya program Desa Digital 2.0. Sebelumnya, masyarakat desa cenderung melakukan pengelolaan keuangan dan usaha secara tradisional, salah satunya karena akses layanan perbankan yang terbatas. Selain itu, kesenjangan digital akibat akses internet yang belum merata juga kerap menjadi hambatan.

Baca Juga: Komitmen Berantas Korupsi, bank bjb Peringati Hakordia 2021

"Belum lagi terdapat kendala di sektor pertanian seperti harga hasil panen yang tidak menentu hingga risiko kemananan. Lewat Desa Digital 2.0, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan perbankan, modal usaha, hingga pendampingan usaha yang merambah hingga kerjasama offtaker dengan para pembeli. Sehingga, para petani diberikan kepastian pasar serta harga jual dan hasil usaha yang setimpal, selain itu adanya bank sampah di Desa Digital 2.0 menjadikan potensi penambahan penghasilan tambahan bagi masyarakat, indeks kesejahteraan meningkat, dan merupakan benefit bagi masyarakat serta lingkungan  yang nantinya dapat menjadikan pendapatan untuk pembayaran kredit mesra" ungkap Widi.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB

8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:54 WIB

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

5 Rekomendasi Hotel di Jakarta untuk Business Trip

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:34 WIB
X