Perpanjang SIM Kini Tak Perlu Antre, Cukup dari Rumah Pakai Aplikasi Sinar

  Rabu, 14 April 2021   Fichri Hakiim
Ilustrasi SIM / PIxabay

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Masyarakat dapat memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online melalui aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) mulai Selasa 13 April 2021.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Korlantas Polri. Pemohon yang akan memperpanjang SIM A dan SIM C dapat mengunduh aplikasi digital tersebut melalui App Store atau Play Store di gawai miliknya.

Dengan adanya aplikasi ini, nantinya pemohon yang ingin membuat SIM baru ataupun memperpanjang SIM tidak perlu datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM. 

Uji teori, pemeriksaan psikologi dan pemeriksaan kesehatan dilakukan secara online melalui e-RIKKES dan e-PPsi yang terdapat dalam aplikasi Sinar. Namun, pemohon wajib datang ke Satpas pada saat melakukan ujian praktek. 

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, aplikasi SIM online ini merupakan perwujudan dari melaksanakan transformasi Presisi yakni kelembagaan, operasional, pelayanan publik dan pengawasan.

"Polri harus mengikuti strategi perkembagan teknologi dan adanya pandemi Covid-19," ujarnya. 

Sigit menjelaskan, dengan hadirnya SIM online ini dapat memberikan pelayanan yang humanis, serta menghindari kontak antara petugas dan masyarakat untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang.

"Sudah saatnya Polri menampilkan polisi lalu lintas (polantas) yang berwibawa dan disegani masyarakat tanpa menggunakan senjata," jelasnya. 

Sigit menuturkan, masyarakat yang melakukan pelayanan perpanjangan SIM dapat melakukannya dari rumah. Ke depannya, Sigit berharap pelayanan pemohonan SIM baru dan perpanjangan STNK juga dapat menggunakan aplikasi Sinar.

"Cukup dari rumah, pelayanan perpanjangan SIM bisa dilakukan dengan menggandeng kantor pos untuk melakukan delivery (pengiriman)," ujarnya. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar