Dukung OPOP, BJBS Siap Fasilitasi Santri Magang di Pesantren Jabar

- Rabu, 8 Februari 2023 | 17:56 WIB

AYOBEKASI.NET – One Pesantren One Product (OPOP) adalah program yang diinisiasi oleh provinsi Jawa Barat dalam menciptakan kemandirian pesantren di Jawa Barat. Program ini disebut telah sukses menciptakan ribuan produk di pesantren di Jawa Barat.

Dalam rangka memperluas manfaat program ini, pemerintah Jawa Barat telah bekerja sama dengan Pemprov Sumut yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama di atas disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, di rumah dinas Gubernur Sumut, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa, 31 Januari 2023 malam.

Sejak diterapkan pada tahun 2019 di Jabar, program kemandirian ekonomi pesantren tersebut telah melahirkan 2.844 bisnis di pesantren. Alhasil pesantren di Jabar kini bisa lebih berkembang karena mampu memenuhi kebutuhan operasionalnya secara mandiri.

Direktur Utama bank bjb syariah Adang A. Kunandar yang juga turut hadir pada acara penandatanganan kerja sama tersebut mengatakan bank bjb syariah sebagai mitra strategis Pemda Provinsi Jawa Barat siap mendukung penerapan OPOP di Sumatera Utara dengan membantu santri di provinsi tersebut untuk belajar di Jawa Barat.

"bank bjb syariah mendukung penuh penerapan Program One Pesantren One Product (OPOP) bagi pesantren di Sumatera Utara untuk magang di Jawa Barat," ujar Adang.

Adang menjelaskan OPOP bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan Pondok Pesantren itu sendiri, agar mampu mandiri secara ekonomi melalui pengembangan skill bisnis, pemanfaatan teknologi digital, perluasan pemasaran melalui berbagai platform online, beragam pelatihan serta pendampingan.

Dengan program ini BJBS berharap kerja sama dengan pesantren di Jawa Barat akan lebih meningkat dan pesantren dapat memanfaatkan layanan produk perbankan syariah dari BJBS.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X