Yamaha

Resmi Diakui Sebagai Pria, Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi 'Lanang'

  Kamis, 18 Maret 2021   Firda Puri Agustine
dok. Instagram

JAKARTA, AYOBEKASI.NETSerda Aprilia Santini Manganang atau Aprilia Manganang ganti nama jadi Lanang setelah jadi lelaki. Nama itu diberikan oleh Istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa.

Nama Lanang itu berarti lelaki, menurut Hetty Andika Perkasa. Hetty berdoa Aprilia jadi lelaki sejati.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa," kata Hetty Andika Perkasa dalam YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021).

Mantan Atlet Voli Putri Tim Nasional Indonesia, Aprilia Manganang membuat warganet heboh. Namanya bahkan menjadi trending topic di Twitter Rabu (10/3/2021) setelah diumumkan berjenis kelamin laki-laki. Kepala Staf Angkatan Darat/KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan, berdasarkan ilmu kesehatan urologi, Aprilia memiliki jenis kelamin pria.

Pria yang memiliki jabatan sebagai Sersan Dua/ Serda di satuan TNI Angkatan Darat ini disebut mengalami kelainan hipospadia yang dialaminya sejak lahir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Dalam pemeriksaan medis, dilihat dari urologi ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki dan bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita.

Secara administratif dan sosial, Aprilia dikenal sebagai seorang wanita. Namun, melalui pemeriksaan secara medis, Aprilia dinyatakan oleh seorang pria. Kedepannya, akan dilakukan perubahan pada bagian administrasi dan sebagainya mengenai perubahan jenis kelamin Serda Aprilia.

Perubahan jenis kelamin mantan atlit voli putri ini cukup mengguncang warganet. Banyak yang lantas menyampaikan pendapat mereka mengenai laki-laki bertubuh kekar tersebut. Meski dinyatakan wanita sejak lahir, namun Aprilia sendiri memiliki bentuk tubuh seperti seorang pria.

Menjadi trending topic di Twitter banyak warganet yang menilai jika Aprilia memiliki paras yang tampan. Selain bentuk tubuh yang semakin kekar dengan otot yang besar di bagian tubuh atasnya, Aprilia juga memangkas rambutnya menjadi cepak, sehingga nampak benar-benar seperti seorang pria.

"Kak Aprilia Manganang ganteng banget sekarang. Semoga segala sesuatunya dipermudahkan dan semakin bersinar karirnya," tulis akun @hiboo****.

"Aprilia Manganang ganteng banget sekarang," komentar akun @order***.

"Tapi emang dia ini udah ganteng kok. Selamat ya aprilia udah lega banget pasti," tanggapan akun @hara*****.

Beredar video Serda Aprilia saat melakukan olahraga di sebuah Gym. Tubuhnya yang kekar nampak tak bisa disembunyikan di balik kaos merah berlengan pendek yang digunakan. Rambut pendeknya dengan gaya terangkat ke atas membuat banyak warganet yang menilai Aprilia memiliki paras yang tampan.

Selain mengenai parasnya yang tampan, ada dua hal lainnya yang ikut viral bersama dengan nama Aprilia Mangangan. Yakni mengenai masalah medis yang dialami Aprilia sejak lahir, yaitu Hipospadia. Selain itu, tidak sedikit juga warganet yang mengingatkan untuk tidak merundung Aprilia dan memperhatikan kondisi mental pria tersebut.

"Jaga jari kalian ya Netizen yang Budiman, Aprilia Manganang ini DIKLAIM sebagai wanita! Bukan MENGKLAIM sebagai wanita. Kesatuannya akhirnya menawari untuk membantu pemeriksaan lebih mendalam! Dan itu disambut dengan baik oleh April," tulis akun @Mafia*****

"Sejak memulai karir pro pada 2011, status gender Aprilia Manganang dipertanyakan. Tapi dokter putuskan Aprilia perempuan dan bisa bermain termasuk di SEA Games 2015. Kondisi mental Aprilia jatuh. Sekarang status gender Aprilia resmi pria. Semoga jari-jari netizen tidak kejam menghakimi," komentar akun @ainuro****.

"Tolong ya netizen jarinya dikontrol, kalian gak tau gimana yang mengalami ini. Hipospadia Suatu kondisi ketika lubang kencing pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Kondisi bawaan relatif jarang, lebih sering terjadi pada bayi dengan riwayat keluarga hipospadia. Aprilia Manganang," tanggapan akun @ahmadya*****.

Aprilia Mangangan pernah membanggakan warga Indonesia selama karirnya di dunia voli. Saat ini, dengan status barunya sebagai seorang laki-laki, Aprilia akan melanjutkan pengabdiannya kepada Indonesia sebagai bagian dari prajurti TNI Angkatan Darat.

 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar