Yamaha

Cegah Paparan Corona B117, KBB Perketat Pengawasan

  Jumat, 05 Maret 2021   Tri Junari
Waspada mutasi baru Corona B117. (dok)

BANDUNG, AYOBEKASI.NET -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memperketat protokol kesehatan (prokes) di sejumlah tempat kedatangan orang. Hal ini sebagai antisipasi masuknya Covid-19 varian baru B 117 masuk ke wilayah Bandung Barat.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan papara  virus varian baru tersebut di sejumlah tempat kedatangan orang, seperti daerah perbatasan ataupun pergerakan orang dari luar negeri. 

"Kita akan perketat upaya pengawasannya, protokol kesehatannya juga. Terutama orang yang datang dari luar negeri," ucapnya, Jumat (5/3/2021).

Upaya pencegahan masuknya virus varian baru itu harus dilakukannya agar tidak kecolongan. Orang dan virusnya sudah masuk dan tersebar di KBB baru diketahui, penanganannya dipastikan bakal lebih sulit. 

Apalagi KBB khususnya di wilayah selatan banyak TKI di luar negeri. Jangan sampai mereka yang pulang ke Indonesia tidak terdeteksi, sebab kasus yang ketahuan di Karawang juga adalah pekerja TKI yang pulang dari Timur Tengah. 

"Kita akan panggil semua kepala desa dan camat untuk memperketat pengawasan, karena status kita masih PPKM Mikro. Jadi semuanya berperan penting dalam penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Plt Kadinkes KBB, Imam Santoso, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait penyebaran virus varian baru di KBB. Virus itu berevolusi dari manusia yang mempunyai imun yang lemah sehingga virus tersebut semakin kuat, dan penularannya cepat. 

"Hal utama yang harus dilakukan adalah menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik, disiplin, dan konsisten. Hal itu merupakan upaya awal memutus mata rantai Covid-19 ataupun varian baru B 117," ucapnya. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar