Yamaha

Kuota Internet Gratis Kemdikbud 2021: Tinggal Finalisasi, Begini Cara Mendapatkan

  Kamis, 18 Februari 2021   Aini Tartinia
Kuota Internet Gratis Kemdikbud 2021: Tinggal Finalisasi, Begini Cara Mendapatkan/ilustrasi

 

TEBET, AYOBEKASI.NET – Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan diketahui sudah mengusulkan pemberian kuota internet gratis kepada siswa, mahasiswa, guru, dan dosen pada 2021 selama 4 bulan mulai Maret.

Kemdikbud pada September sampai Desember 2020 memberikan bantuan kuota Internet gratis kepada para siswa, mahasiwa, guru, dan dosen dengan total penerima mencapai35,725 juta orang. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp7,2 triliun.

Kuota Internet gratis Kemdikbud tidak mengucur pada Januari 2021. Tidak heran kalau pada Februari ini, di media sosial, sebagian masyarakat mempertanyakan apakah pemerintah akan mengucurkan lagi bantuan tersebut.

Pasalnya, kuota Internet gratis dari Kemdikbud tersebut cukup meringankan beban keluarga yang ekonominya tertekan selama pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir setahun ini.

Ayojakarta, jaringan Ayo Media Networkmenghubungi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud, Hasan Chabibie, untuk mengetahui rencana pengucuran kuota Internet gratis tahun ini.

“Rencana diluncurkan sekitar Maret 2021,” ujar Hasan kepada Ayojakarta pada Selasa (9 Februari 2021).

Saat ini, menurut Hasan, teknis penyaluran bantuan masih dalam pembahasan bersama jajaran terkait di Kemdikbud terutama soal ukuran kuota Internet gratis yang bakal diluncurkan bulan depan. “2021 ini rencananya ada perubahan skema tetapi saat ini masih dalam proses difinalkan,”

Berikut ini syarat mendapatkan kuota Internet gratis Kemdikbud yang berjalan pada periode lalu:

1. Pastikan memiliki nomor ponsel aktif

2. Serahkan nomor ponsel aktif kepada pihak Sekolah/Operator pendidikan di sekolah masing-masing

3. Setelah nomor ponsel calon penerima bantuan kuota terkumpul, selanjutnya pihak sekolah akan mendaftarkan data nomor ponsel tersebut ke aplikasi Dapodik.

4. Setelah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan tersebut, silahkan tunggu bantuan kuota internet gratis dari Kemndikbud dikirim ke nomor yang didaftarkan.

Kuota Internet gratis yang dikucurkan Kemendikbud pada 2020 berbeda untuk setiap jenjang pendidikan dengan rincian sebagai berikut:

  • 20 GB (15 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi siswa dan guru PAUD)

  • 35 GB (30 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi guru SD, SMP dan SMA)

  • 50 GB (45 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi mahasiswa dan dosen)

Kemungkinan kuota Internet gratis Kemendikbud untuk belajar di rumah tahun ini masih menerapkan cara yang sama seperti periode tahun lalu. Siswa, mahasiswa, dan tenaga pengajar apat mengakses website kuota-belajar.kemdikbud.go.id.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar