Yamaha

Komorbid Diabetes, Hipertensi, & Kanker Bisa Ikut Vaksinasi Sinovac, Ini Syaratnya

  Jumat, 12 Februari 2021   Icheiko Ramadhanty
Petugas memeriksa vaksin Covid-19 Sinovac di Kantor Pusat PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat . Kemenkes merilis surat edaran yang menyebut orang dengan komorbid diabetes, hipertensi, dan kanker bisa ikut vaksinasi Sinovac/setkab.go.id/Muchlis Jr

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Ditjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Kementerian Kesehatan, memastikan bahwa orang dengan komorbid (penyakit penyerta) diabetes mellitus, hipertensi, dan kanker boleh divaksinasi dengan vaksin Sinovac.

Informasi bolehnya orang dengan komorbid diabetes, hipertensi, dan kanker ikut vaksinasi Sinovac diatur lewat Surat Edaran (SE) Nomor HK 02.02/II/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda.

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu. Maklumat itu berisi beberapa hal terkait dengan persetujuan dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) dan kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional.

Adapun poin-poin dalam surat edarah tersebut yaitu:

1. Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamesa tambahan sebagaimana form skrining terlampir.

2. Pelaksanaan pemberian vaksinasi mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di antaranya:

a. Kelompok Lansia

Pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun ke atas diberikan dua dosis dengan interval pemberian 28 hari (0 dan 28).

b. Kelompok Komorbid

· Hipertensi dapat divaksin kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg, dan pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining

· Diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut

· Penyintas kanker dapat tetap diberikan vaksin

c.Penyintas Covid-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan

d.Ibu menyusui dapat diberikan vaksinasi

3. Pengkinian aplikasi PCare dalam rangka fasilitasi pembaruan skrining dan registrasi ulang pada sasaran tunda

4. Seluruh Pos Pelayanan Vaksinasi harus dilengkapi kit anafilaksis dan berada di bawah tanggungjawab puskesmas dan rumah sakit

5. Seluruh sasaran tunda akan di berikan informasi agar dating kembali ke fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh vaksinasi.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar