Yamaha

Bolehkah Orang yang Pernah Kena Covid-19 Disuntik Vaksin Sinovac?

  Jumat, 12 Februari 2021   Firda Puri Agustine
ilustrasi vaksin / Pixabay

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Sejak program vaksinasi Covid-19 dimulai, tak sedikit para penyintas yang bertanya apakah mereka boleh mendapatkan vaksinasi seperti masyarakat umum lainnya? Ternyata boleh, meski ada persyaratan dan screening yang harus dilakukan. 

Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran (SE) Nomor HK 02.02/II/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda menerangkan hal tersebut. 

"Penyintas Covid-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari tiga bulan (setelah dinyatakan sembuh atau negatif)," demikian salah satu poin yang tertulis dalam surat edaran itu, seperti dilihat Jumat (12/2/2021). 

Kandidat Doktor di Fakultas Ilmu Kedokteran Kobe University sekaligus edukator Covid-19, dr Adam Prabata memberikan alasan mengapa penyintas Covid-19 juga perlu mendapatkan vaksin meski pernah terinfeksi sebelumnya. 

"Pertama, terdapat risiko reinfeksi dengan keluhan yang lebih berat pada orang yang sudah pernah terkena Covid-19," kata dr Adam dalam edukasinya di media sosial Instagram. 

Alasan selanjutnya, imunitas yang muncul akibat infeksi alami bervariasi dan hingga saat ini belum diketahui pasti berapa lama imunitas tersebut dapat bertahan. 

"Vaksin Covid-19 dapat diberikan pada orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 dan tidak terbukti memunculkan masalah keamanan dan efektivitas," ujarnya. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar