Yamaha

9 Tanda yang Mungkin Berhubungan dengan Penyakit Jantung

  Senin, 30 November 2020   Editor
ilustrasi. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Jantung organ penting di tubuh manusia, sehingga fatal jika seseorang mengalami serangan jantung. Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas.

Namun jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, lalu kelebihan berat badan, menderita diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi, maka risiko serangannya semakin besar. Bila hal ini terjadi, Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung.

Dilansir dari Web MD, berikut gejala yang dialami pada jantung.

1.  Ketidaknyamanan Dada

Ketidaknyamanan di dada merupakan tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika Anda memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin merasakan nyeri, sesak, atau tekanan di dada.

Perasaan itu biasanya berlangsung lebih lama dalam beberapa menit. Ini mungkin terjadi saat Anda sedang istirahat atau saat Anda melakukan sesuatu yang bersifat fisik.

Jika itu hanya rasa sakit yang sangat singkat, atau jika Anda menekan bagian yang terasa sangat sakit bisa saja itu bukan jantung Anda. Anda tetap harus memeriksakannya ke dokter, jika gejalanya lebih parah dan tidak hilang setelah beberapa menit.

Selain itu, perlu diingat bahwa Anda dapat mengalami masalah jantung bahkan serangan jantung tanpa nyeri dada. Itu sangat umum di kalangan wanita.

2. Mual, Gangguan Pencernaan, Mulas, atau Sakit Perut

Beberapa orang mengalami gejala ini selama serangan jantung, bahkan mungkin bisa terjadi muntah. Wanita lebih mungkin mengalami jenis gejala ini daripada pria.

Tentu saja, Anda bisa mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung Anda. Bisa jadi itu hanya sesuatu yang Anda makan. Tetapi Anda perlu waspada bahwa itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.

Jadi, jika Anda merasa seperti ini dan berisiko mengalami masalah jantung, biarkan dokter mencari tahu apa yang terjadi.

3. Merasa Pusing atau Pening

Banyak hal yang bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan atau merasa lemas sejenak. Mungkin Anda tidak memiliki cukup makanan atau minuman, atau Anda berdiri terlalu cepat.

Tetapi jika Anda tiba-tiba merasa tidak stabil dan Anda juga mengalami ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, segera hubungi dokter. Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak dapat memompa sebagaimana mestinya.

4. Sakit Tenggorokan atau Rahang

Dengan sendirinya, sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, ini disebabkan oleh masalah otot, flu, atau masalah sinus.

Namun jika Anda mengalami nyeri atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar hingga ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung. Jika anda merasakan itu segeralah memeriksanya kepada dokter.

5. Mudah Lelah

Jika Anda tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu sebelumnya, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan dari mobil, bisa saja itu berkaitan dengan jantung. Maka dari itu periksakan diri pada dokter.

Kelelahan ekstrem atau mudah lemah yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

6. Mendengkur

Mendengkur sedikit adalah hal yang wajar saat Anda tidur. Tapi dengkuran yang luar biasa keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda apnea tidur, yaitu saat Anda berhenti bernapas sejenak beberapa kali di malam hari saat Anda masih tidur. Ini memberi tekanan ekstra pada jantung Anda.

Dokter dapat memeriksa apakah Anda memerlukan pemeriksaan tidur untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi ini. Jika benar, Anda mungkin membutuhkan mesin CPAP untuk melancarkan pernapasan saat Anda tidur.

7. Berkeringat

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas dapat menandakan serangan jantung. Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lainnya, segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit. Juga Jangan mencoba mengemudi sendiri.

8. Batuk yang Tidak Berhenti

Dalam banyak kasus, ini bukanlah pertanda masalah jantung. Tetapi jika Anda menderita penyakit jantung atau tahu Anda berisiko, perhatikan kemungkinannya. Jika Anda mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung.

Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi permintaan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru. Minta dokter untuk memeriksa apa yang menyebabkan batuk.

9. Detak Jantung Tidak Teratur

Normal jika jantung Anda berdetak kencang saat Anda gugup, bersemangat atau sesekali meloncat atau menambah detak. Tetapi jika Anda merasa jantung Anda berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, periksakan diri kepada dokter.

Dalam kebanyakan kasus, ini disebabkan oleh kafein atau kurang tidur. Tapi terkadang, itu bisa menandakan kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan. Jadi mintalah dokter Anda untuk memeriksanya. (Deni Suhendar)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar