Yamaha

9 Pengobatan Alami Bantu Sehatkan Jantung

  Senin, 30 November 2020   Editor
ilustrasi. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Serangan jantung bisa menjadi hal pertama yang dipikirkan seseorang saat mengalami nyeri dada. Namun, ada banyak potensi penyebab nyeri di area dada. Apapun penyebabnya, seseorang biasanya ingin menghilangkan rasa sakitnya dengan cepat.

Pengobatan alami untuk sakit jantung dimaksudkan untuk mengobati nyeri dada yang jarang terjadi karena masalah pencernaan, seperti gas, ketegangan otot, dan kecemasan.

Ada beberapa hal yang dapat dicoba di rumah untuk membantu meringankan sakit jantung saat itu terjadi dan untuk mencegah kejadian di masa depan. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini obat rumahan yang dapat Anda coba.

1. Almond

Ketika refluks asam menjadi penyebab sakit jantung, makan beberapa almond atau minum secangkir susu almond dapat membantu meringankan sakit pada jantung.

Satu hal yang perlu diingat adalah kacang almond mengandung lemak yang tinggi, dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Jika ini masalahnya, almond justru bisa membuat rasa sakit semakin parah.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi almond dapat membantu pencegahan penyakit jantung. Meskipun almond mungkin tidak langsung menghentikan rasa sakit, namun almond dapat berdampak positif pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Minuman panas

Minuman panas dapat membantu menghilangkan gas saat rasa sakit seseorang disebabkan oleh gas atau kembung. Cairan panas juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Beberapa minuman mungkin lebih baik dari yang lain dalam hal ini. Misalnya, teh kembang sepatu memiliki beberapa manfaat selain membantu kembung.

Kembang sepatu juga bisa berperan dalam menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Manfaat tambahan ini dapat membantu mencegah komplikasi jantung.

3. Bubuk soda kue

Rekomendasi populer lainnya untuk sakit jantung adalah menambahkan soda kue ke air hangat atau dingin. Hasilnya adalah larutan alkali yang dapat membantu mengurangi asam di lambung jika menyebabkan rasa sakit.

Namun, sebuah penelitian pada tahun 2013 menyimpulkan bahwa soda kue mungkin baik untuk mengobati sakit maag tetapi mungkin memiliki efek buruk pada jantung secara keseluruhan.

4. Bawang Putih

Bawang putih diklaim sebagai obat untuk nyeri dada, meski belum ada ilmu yang mendukungnya.

Orang bisa mencampurkan satu atau dua siung bawang putih cincang dengan segelas susu hangat. Alih-alih meminum bawang putih, mereka harus mengunyahnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat rumahan lain yang dimaksudkan untuk membantu mengatasi refluks asam. Orang-orang mengklaim bahwa meminumnya sebelum atau sesudah makan dapat mencegah naiknya asam lambung. Meskipun teori ini populer, hanya ada sedikit bukti yang mendukung klaim tersebut.

Cuka sari apel memiliki efek samping minimal, tetapi orang yang memakai pengencer darah mungkin ingin menghindari penggunaannya, karena juga dapat mengencerkan darah.

6. Aspirin

Seseorang mungkin ingin minum aspirin jika mengalami nyeri dada. Pereda nyeri, seperti aspirin, dapat membantu meringankan nyeri jantung yang terkait dengan kasus yang tidak terlalu parah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dosis rendah secara konsisten dapat membantu mencegah serangan jantung. Tapi aspirin tetap kontroversial karena peningkatan risiko perdarahan.

7. Berbaring

Saat sakit jantung menyerang, segera berbaring dengan kepala ditinggikan di atas tubuh dapat meredakan nyeri. Posisi sedikit tegak membantu saat rasa sakit karena refluks.

8. Jahe

Sama halnya dengan tanaman herbal lainnya, jahe dipercaya memiliki efek anti inflamasi. Lebih penting lagi, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meringankan masalah perut dan mencegah muntah.

9. Susu kunyit

Kunyit memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat meredakan gejala nyeri di dada. Susu kunyit menggabungkan sekitar satu sendok teh bumbu kunyit dengan secangkir susu hangat. Campuran tersebut harus diminum sebelum tidur untuk membantu meredakan nyeri.

Untuk penggunaan jangka panjang, penelitian menunjukkan senyawa dalam kunyit dapat membantu mencegah penyakit jantung. Bumbu juga telah terbukti mengurangi kolesterol. (Deni Suhendar)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar