Yamaha

Tokoh Masyarakat Panutan, Satgas Covid-19: Jangan Langgar Prokes

  Senin, 16 November 2020   Suara.com
ilustrasi -- mural disiplin menggunakan masker untuk mencegah Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyampaikan bahwa tokoh masyarakat mempunyai peran penting dalam mendorong masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga apa yang dilakukan tokoh masyarakat di situasi seperti ini, diharap tidak bertentangan dengan upaya pencegahan.

"Jangan malah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan protokol dan membahayakan masyarakat," kata Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 Andre Rahadian dalam keterangan tertulis, Senin (16/11/2020).

Menurut catatan sejumlah media, salah satu peristiwa yang belakangan menuai kritik keras yaitu kerumunan massa yang menyambut kepulangan Habib Rizieq Shihab, di mana mayoritas pendukung tokoh FPI itu tidak memakai masker.

Andre mengingatkan pandemi Corona di Indonesia dan dunia belum berakhir. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi seluruh lapisan masyarakat untuk untuk meningkatkan kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan.

Perjuangan relawan anti Covid-19 yang telah berjuang keras selama sembilan bulan untuk mengedukasi masyarakat jangan sampai sia-sia akibat tokoh masyarakat tak peduli dengan protokol kesehatan, kata Andre.

"Tolong pikirkan nasib masyarakat yang bisa tertular, terutama kelompok rentan. Dengan adanya kolaborasi dari tokoh masyarakat untuk memberikan contoh penerapan protokol kesehatan, serta ditambah dengan bantuan dari pemangku kebijakan, para pelaku industri serta seluruh anggota masyarakat dapat membantu Pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia," kata dia.

Peningkatan kasus Covid-19 akibat libur panjang akhir Oktober 2020 mulai terlihat, bahkan memecahkan rekor tertinggi penambahan kasus harian pada Jumat (13/11/2020), dengan 5.444 kasus sehari.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar