Yamaha

Menlu Indonesia Tegaskan ke Menlu Amerika Dukung Palestina

  Kamis, 29 Oktober 2020   Republika.co.id
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo di Jakarta, Kamis (28/10/2020). (kemlu.go.id)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo di Jakarta, Kamis (28/10/2020). Di pertemuan itu, dia menegaskan kembali posisi Indonesia untuk Palestina.

"Saya sebutkan bahwa masalah ini (Palestina) sangat dekat dengan hati masyarakat Indonesia," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Pompeo.

"Saya tegaskan posisi Indonesia atas masalah tersebut, termasuk prinsip solusi dua negara," ujarnya menegaskan.

Selain Palestina, pertemuan kedua menlu juga membahas mengenai perdamaian Afghanistan. Indonesia mengapresiasi AS yang memimpin membawa perdamaian di negara tersebut.

"Kami menghargai kepemimpinan AS untuk membawa perdamaian di Afghanistan dan Indonesia siap untuk berkontribusi lebih khususnya pada isu atau isu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan," kata Retno.

AS juga menghargai dukungan Indonesia dalam dukungan untuk negosiasi antara pemerintah Afghanistan dan Taliban. Pompeo mengatakan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan dalam upaya menuju perdamaian di Afghanistan.

"Saya ingin menyampaikan betapa menghargai keterlibatan Anda dalam proses perdamaian Afghanistan. Tentunya juga bisa memastikan seluruh rakyat Afghanistan, pria dan wanita punya hak meraih perdamaian, berharap konflik dapat berakhir dan memastikan bahwa pada akhirnya pria dan wanita memiliki semua hak yang layak mereka dapatkan," ujar Menlu Pompeo.

Kedua negara juga sepakat memperkuat kerja sama di PBB yakni UN Peace Keeping Operations, termasuk pemberdayaan perempuan penjaga perdamaian. Sebagai komitmen RI dalam hal ini, Retno menyebut Indonesia siap mempertahankan kapal angkatan lautnya di Lebanon selama enam bulan lagi.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar