Yamaha

Kesehatan Mental: Hati-hati! Kesepian Bisa Membunuhmu

  Senin, 28 September 2020   Editor
Ilustrasi kesepian (Freepik)

LENGKONG,AYOBEKASI.NET -- Semua perasaan yang kita rasakan untuk sesekali waktu mungkin bukan masalah. Namun, kalau perasaan tersebut terlalu sering muncul dan mengganggu kita, mungkin perasaan tersebut sangatlah serius. Termasuk rasa kesepian.

Jangan anggap remeh kesepian, karena banyak risiko kesehatan yang dapat terjadi jika tidak segera diatasi.

Orang yang terus menerus merasa kesepian lebih mudah merasa lelah, insecure, mengalami gangguan tidur, mengalami kecemasan yang berlebihan, hingga lebih berisiko jatuh ke dalam depresi.

Beragam kondisi tersebut dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk merawat kesehatan tubuh, sehingga daya tahan tubuhnya pun cenderung menjadi lebih lemah.

Ia juga lebih berisiko mengalami perubahan berat badan secara drastis, gangguan pencernaan, bahkan masalah jantung dan pembuluh darah. Sebuah studi menemukan bahwa rasa kesepian dapat dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan fungsi kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, risiko lain kesepian adalah memburuknya kemampuan dan perkembangan kognitif yang memengaruhi daya pikir. Penelitian menemukan adanya penurunan kemampuan kognitif 20% lebih cepat pada orang-orang yang kesepian, dalam periode 12 tahun.

Tidak hanya sampai di situ, berdasarkan hasil sebuah penelitian, rasa kesepian dapat meningkatkan risiko terjadinya demensia atau pikun pada orang berusia lanjut sebesar 64%, serta dapat meningkatkan risiko kematian dini sebesar 45%.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar