Yamaha

Fikom Unpad Luncurkan Media Center dan Buku Bunga Rampai

  Jumat, 18 September 2020   Nur Khansa Ranawati
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) memperingati dies natalisnya yang ke-60, Jumat (18/9/2020).

SUMEDANG, AYOBEKASI.NET -- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) memperingati dies natalisnya yang ke-60, Jumat (18/9/2020). Dalam kesempatan tersebut, Fikom Unpad meluncurkan media center pembelajaran "Ketik Unpad" dan buku bunga rampai yang ditulis oleh keluarga besar Fikom Unpad.

Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, media center tersebut dibuat sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Ketik Unpad hadir sebagai portal berita yang nantinya berperan sebagai teaching media.

"Media Center hari ini diluncurkan, ini adalah inovasi terbaru yang dalam beberapa hari ini sudah berproduksi. Ketik Unpad akan menjadi teaching media yang dapat meningkatkan webometric Universitas Padjajaran," ungkapnya dalam perayaan dies natalis yang diselenggarakan secara daring.

Sementara bunga rampai yang juga diluncurkan dalam kesempatan yang sama tersebut adalah kumpulan cerita para civitas akademika Fikom Unpad beserta keluarganya dalam menghadapi pandemi Covid-19. Para penulisnya terdiri dari dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, alumni, hingga para keluarga.

"Buku ini khusus diluncurkan untuk memperingati perjalanan Fikom Unpad selama 60 tahun," ungkapnya.

Selain itu, Dadang juga menyatakan bahwa Fikom Unpad hingga saat ini masih tercatat sebagai fakultas yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Pada tahun ini, terdapat lebih dari 15.400 calon mahasiswa yang bersaing untuk mendapatkan 600-an kursi di semua program studi seluruh jenjang.

"Rata-rata IPK lulusan Fikom Unpad juga memuaskan, yakni 3,57," ungkapnya. Para mahasiswa Fikom Unpad juga tercatat telah menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional dengan perolehan 44 medali serta penghargaan lainnya di berbagai bidang.

Dadang menyebutkan, Fikom Unpad juga terus berupaya meningkatkan jumlah publikasi jurnal terindeks Scopus setiap tahunnya. Sejak 2016 hingga saat ini, jumlahnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Kalau digabung dengan skema indeks lain, total sudah ada 158 artikel (yang dipublikasikan). Hingga September 2020 ini baru 75 yang dipublikasikan, mudah-mudahan bisa tembus 100," ungkapnya.

"Tentunya output ini harus bisa dikembangkan menjadi benefit bagi manusia dan kemanusiaan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Menteri Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung Wibowo yang menyampaikan narasinya terkait upaya Indonesia menangani Covid-19, serta pandangan global terhadap Indonesia terkait penanganan Covid-19.

Acara juga diisi oleh pemberian penghargaan dalam sejumlah kategori kepada para mahasiswa, dosen hingga alumni. CEO PT Ayo Media Network Hilman Hidayat yang sekaligus juga merupakan alumni Jurusan Jurnalistik Fikom Unpad mendapat penghargaan Anugerah Alumni Peduli Fikom.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar