Yamaha

DKI Bersiap PSBB Total, Tempat Wisata di Bekasi Masih Buka

  Jumat, 11 September 2020   Firda Puri Agustine
Sebagai ilustrasi -- Kawasan Kuliner Kota Bekasi. (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET – Jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total pekan depan, lain halnya dengan Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi tetap fokus pada kebijakan Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) dimana tempat hiburan dan wisata alam pun masih buka serta beroperasi normal. Hal itu sebagai bagian upaya menggerakkan ekonomi masyarakat.

Kabag Humas Pemkot Bekasi Sajekti Rubiyah menjelaskan bahwa perpanjangan masa ATHB memungkinkan tempat wisata alam dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pemkot Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus melakukan monitoring secara masif kepada pelaku usaha kepariwisataan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk pada para pengunjung,” kata Sajekti dalam keterangannya, Jumat (11/9/2020).

Dia menjelaskan, ada sembilan syarat protokol kesehatan yang wajib dipenuhi pelaku usaha kepariwisataan. Pertama, mewajibkan pekerja dan pengunjung mengenakan masker. Kedua, melakukan pengecekan suhu tubuh bagi seluruh pekerja dan pengunjung.

Ketiga, menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai. Keempat, menyediakan hand sanitizer yang mudah diakses oleh pekerja dan konsumen. Kelima, menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dan dapat dibuktikan dengan tes Covid-19 seluruh karyawan.

“Selanjutnya, melakukan pembersihan dan disinfeksi sebelum beroperasi secara berkala di area kerja dan area publik,” ujarnya.

Kemudian, melakukan pembatasan jarak fisik minimal 1,2 meter, memasang media informasi yang berisi ketentuan pembatasan jarak fisik dan cuci tangan. Terakhir, melakukan upaya untuk meminimalisir kontak dengan pelanggan. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar