Yamaha

Warga Bekasi Diminta Waspada Potensi Angin Puting Beliung

  Kamis, 13 Agustus 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi angin puting beliung. (@Aditya Kurniawan/Twitter)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET – Hujan deras mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya, Kamis (13/8/2020). BMKG memperkirakan intensitas hujan lebat disertai angin kencang ini terjadi hingga sore nanti.

Selain itu, potensi angin puting beliung juga tak bisa disepelekan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi meminta warga agar tetap waspada.

“Mudah-mudahan tidak terjadi (puting beliung) meski potensinya ada. Warga sebaiknya tetap waspada dan jangan lengah,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Kota Bekasi Diky Sapta Aji saat dihubungi Ayobekasi.net.

Dia menuturkan bahwa angin puting beliung beberapa kali muncul di Kota Bekasi sejak tahun lalu. Pada waktu itu, wilayah Bekasi Utara yang mengalami dampak terparah.

AYO BACA : Bekasi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Diprediksi Hingga Sore

“Tahun kemarin kan Bekasi Utara itu paling parah sama satu lagi Mustika Jaya. Wilayah itu cukup sering kena puting beliung meski wilayah lain juga bisa saja kena juga,” ujarnya.

BPBD Kota Bekasi, kata Diky, sudah melakukan upaya antisipatif dengan menebang sejumlah pohon besar di beberapa titik rawan. Hal itu dilakukan jauh sebelum pandemi Covid-19.

“Kami sudah melakukan penebangan pohon-pohon besar karena khawatir ini menimpa yang ada di bawahnya ketika terjadi puting beliung,” kata dia.

Masyarakat diimbau tidak panik apabila terjadi angin puting beliung dan segera masuk ke dalam rumah masing-masing. Usahakan barang-barang penting yang ada di luar rumah diamankan terlebih dulu.

“Dan jangan lupa doa. Kita berharap tidak ada banjir, tidak ada puting beliung. Cukup masalah kita Covid-19 aja,” ujar Diky. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar