Yamaha

Jangan Luput, Ini 11 Etika Belanja di Supermarket

  Kamis, 13 Agustus 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Berbelanja di supermarket biasanya menjadi rutinitas yang dilakukan oleh ibu-ibu. Namun, terkadang sebagai pelanggan ada beberapa etika yang luput diperhatikan. Berikut etika saat berbelanja seperti dikutip dari Insider.

  1. Jangan meletakkan barang di rak yang tidak sesuai. Hal ini sangat menyebalkan, terutama bagi pegawai supermarket yang harus mengembalikannya ke tempat semula.
  2. Perhatikan posisi troli belanja. Jangan sampai Anda lupa Anda sedang berada di tempat umum sehingga troli belanja Anda memblokir lorong rak. Jangan izinkan juga anak Anda yang masih kecil mengemudikan troli karena seringkali kecelakaan troli belanja disebabkan oleh mereka.
  3. Hindari belanja saat supermarket sudah akan tutup. Jika memang sangat harus datang mendekati waktu tutup, belanja lah dengan cepat dan beli barang-barang yang memang dibutuhkan saja.
  4. Jangan meremas atau menyentuh produk kecuali memang perlu. Tindakan tersebut dapat menyebabkan produk rusak dan supermarket rugi. Ingat juga untuk selalu cuci produk yang Anda beli dari supermarket sebelum dikonsumsi.
  5. Jika menjatuhkan atau menumpahkan sesuatu, beritahu karyawan supermarket. Jangan meninggalkannya begitu saja karena akan memberikan pemandangan yang jelek bagi orang-orang lain berbelanja. Karyawan tidak akan memarahi Anda dan biasanya Anda juga tidak perlu memberikan bayaran sebagai ganti.
  6. Dudukkan anak Anda di troli pada tempat yang sudah disediakan. Meletakkan anak Anda di bagian utama troli sangat tidak higienis dan berbahaya.
  7. Jangan makan atau buka makanan sebelum dibayar. Ini merupakan etika yang buruk dan Anda mungkin saja dihampiri oleh karyawan supermarket karena dikira mencuri.
  8. Tinggalkan troli atau keranjang belanja di tempat yang sudah disediakan. Hal ini bisa membantu kerja pegawai supermarket agar lebih cepat.
  9. Jangan meminta karyawan mengambilkan makanan dari barisan belakang untuk makanan yang lebih segar. Penataan barang di rak dilakukan dengan aturan tanggal yang ketat. Mengambil dari barisan paling belakang akan membuat lebih banyak makanan terbuang.
  10. Meletakkan kembali produk yang rusak bisa berbahaya dan mengganggu. Jika Anda tak sengaja merusaknya, lebih baik beritahu karyawan supermarket. Meletakkannya kembali akan membuat pelanggan lain tak sengaja membelinya.
  11. Jangan menyalahkan karyawan atas kupon yang sudah tak berlaku atau barang yang sudah habis. Karyawan tidak tahu menahu dan tidak bisa melakukan apapun atas hal-hal tersebut. Lebih baik sampaikan pada store manager. (Putri Shaina)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar