Yamaha

Ragunan Bakal Direvitalisasi Jadi Kawasan Ekowisata

  Senin, 10 Agustus 2020   Aini Tartinia
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria menyambangi Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/8/2020). (Dok Kominfotik Jaksel)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Sebagai salah satu bentuk paru-paru Ibukota Jakarta dengan luas sekitar 140 hektare, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) saat ini dirancang Pemprov DKI Jakarta untuk direvitalisasi menjadi kawasan ekowisata yang mewakili flora dan fauna Indonesia.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambangi TMR di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/8/2020). Ia menyatakan, pengembangan TMR membutuhkan anggaran besar dan ditargetkan akan rampung dalam empat sampai dengan lima tahun ke depan.

“Kita akan mulai secepat mungkin, kalau memungkinkan tahun ini kita mulai, tapi paling lambat tahun depan dan kita buat perencanannya. Rencana umum sudah sangat baik, istilahnya blue and green,” kata Riza dalam siaran pers.

Riza menambahkan, nantinya revitalisasi TMR tidak akan dibuat seperti membangun fisik infrastruktur, tetapi dibangun melalui zona-zona secara bertahap dan selama program revitalisasi dan pengembangan Ragunan, diupayakan tidak ada kegiatan rekreasi.

“Di sini, selain hijau dan menarik, semoga bisa menjadi tempat rekreasi, tempat berinteraksi antara manusia dengan satwa,” ujarnya.

Politikus Gerindra itu juga memastikan, selain menjadi tempat terbaik kebanggaan warga Jakarta, TMR ke depan bakal menjadi taman yang hijau, indah, menarik dan menjadi pusat rekreasi modern serta ramah hingga Asia Tenggara.

“Kita pastikan di tempat ini juga disiapkan waduk atau danau untuk menampung air. Semoga ini bisa menjadi kontribusi baik dalam rangka pencegahan dan penanganan banjir di Jakarta,” kata Riza.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar