Yamaha

AIESEC President University Sukses Gelar Virtual Impact Circle 2020

  Kamis, 06 Agustus 2020   A. Dadan Muhanda

JAKARTA, AYOBEKASI.NET--AIESEC President University menggelar acara Virtual Impact Circle 2020 pada edisi kedua di bulan Juli 2020 yang diikuti 110 peserta.

Dengan mengangkat tema ‘The New Normal: Optimizing Professional Skills at Home. Dengan memfokuskan isu pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) nomor 8 yaitu Decent Work and Economic Growth, acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap peserta tentang bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan keterampilan walaupun hanya di rumah saja.

Berbagai pembicara yang kredibel di bidangnya turut mengisi seminar tersebut. Mereka adalah Annisa Ainina Novara (Educational Content Management at Skill Academy), Viranda Agus Wijayanti (LCVP OGE of AIESEC in President University 2020/2021), dan Lulus Kurniawan (Founder of Qlausa and Braitwan).

Pada pembicara pertama, Viranda Agus Wijayanti menerangkan materi dengan terfokus pada pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, pada tahun 2020, secara substansial mengurangi proporsi usia muda yang tidak bekerja, tidak berpendidikan atau terlatih. Dia berbagi cerita tentang kegagalannya untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).  

Viranda memberikan motivasi kepada peserta yang hadir bahwa kegagalan seseorang merupakan awal batu loncatan dan jangan pernah putus asa untuk mencoba lagi dan mengubah pola pikir untuk berkembang, tidak hanya secara akademik saja namun juga dalam segi professional skills dan life skills secara umum. Pada pembicara kedua, Annisa Ainina Novara menjelaskan beberapa kategori tentang skills.

Skills yang dimaksud di antaranya menemukan fakta pekerjaan dan skills apa yang sedang diminati dalam dunia kerja saat ini. Menurut Annisa Ainia Novara, diperlukannya skills yang beragam atau keahlian khusus pada diri kita dikarenakan persaingan dalam mencari pekerjaan dalam situasi Covid-19 sangatlah sulit, sedangkan sebagai pemuda diharuskan memiliki soft skills dan hard skills.

Dia membeberkan, skills yang sedang diminati dan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini antara lain, creativity, communication skills, content marketing, financial planning, analytical reasoning, dan digital marketing.

Sementara itu Lulus Kurniawan menceritakan sedikit pengalamannya dalam mengembangkan soft skills dan hard skills. Menurutnya, dalam memperoleh soft skills dan hard skills dapat diraih dengan mengikuti berbagai pengalaman baik organisasi atau ekskul. Lulus juga menjelaskan bahwa untuk mencari pekerjaan saat ini sangat sulit sehingga diperlukan seseorang yang dapat berkompeten dan bersaing di dalam bidangnya.

Soft skills dan hard skills adalah modal penting sebagai pemuda untuk mendapatkan pekerjaan yang berkualitas dan layak maka harus dikembangkan oleh pemuda sejak dini,” kata Lulus.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar