Yamaha

Minggu Ini, Warga Tak Pakai Masker di Kabupaten Bekasi Bebas Denda

  Rabu, 29 Juli 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi razia masker. (ayobandung)

CIKARANG PUSAT, AYOBEKASI.NET -- Warga di Kabupaten Bekasi masih diberikan kesempatan untuk lebih disiplin menaati aturan protokol kesehatan yang berlaku, salah satunya kewajiban pakai masker di ruang publik.

Pasalnya, sanksi berupa denda maksimal sebesar Rp 250 ribu belum akan diberlakukan selama pekan ini. Mereka hanya akan diberi teguran oleh petugas bila kedapatan tidak memakai masker.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi dr Alamsyah saat dihubungi Ayobekasi.net, Rabu (29/7/2020).

“Belum diberlakukan denda satu minggu ini. Baru teguran dan sosialisasi,” kata dia.

Menurutnya, langkah sosialisasi merupakan tahap awal sebelum sanksi benar-benar diterapkan. Masyarakat perlu mendapatkan edukasi terkait hal ini.

AYO BACA : Soal Denda Tak Pakai Masker, Kabupaten Bekasi Masih Sosialisasi

“Di Provinsi juga kan minggu ini baru sosialisasi. Jadi, memang bertahap tidak langsung denda,” ujarnya.

Selain itu, dr Alamsyah juga menerangkan bahwa sanksi denda berupa uang Rp 250 ribu tidak berlaku mutlak bagi semua pelanggar. Ini lantaran disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Misal, jika hanya kedapatan tidak memakai masker secara benar, maka hukumannya bisa jadi cukup dengan membersihkan jalan.

“Denda Rp 250 ribu itu maksimal. Artinya, memang sanksi tergantung pelanggarannya. Tapi, semua mengacu pada Pergub dan Perbup,” katanya. 

 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar