Yamaha

Uji Klinis Vaksin Corona Buatan Indonesia Tahun 2021

  Jumat, 17 Juli 2020   Suara.com
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Indonesia siap melakukan studi pra klinis dan uji klinis vaksin Corona pada tahun 2021. Jika hasilnya menjanjikan vaksin akan siap diedarkan awal tahun 2022.

Vaksin Corona yang diberi nama Vaksin Merah Putih itu dikerjakan melalui tiga institusi yang ditunjuk, antara lain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, PT Kalbe farma, dan PT Biofarma.

Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir dalam konferensi pers virtual bersama media internasional mengatakan Kamis (16/07) siang mengatakan, uji klinik vaksin ditargetkan dapat dilakukan tahun depan.

Selanjutnya Biofarma akan melakukan proses optimalisasi, uji klinik, hingga memproduksi massal setelah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Studi pra-klinis akan dilakukan di kuartal kedua tahun 2021, dilanjutkan dengan uji klinis tahap satu yang diharapkan dapat dilakukan di kuartal ketiga tahun 2021,” ujar Honesti.

“Kalau hasilnya (uji klinis) bagus, kita mungkin dapat menyediakan vaksin kepada masyarakat pada kuartal pertama tahun 2022,” lanjutnya.

Honesty menjelaskan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan Sinovac Biotech, perusahaan biofarmasi asal China, dalam mengembangkan vaksin virus corona. Menurut Honesty, Sinovac dipilih karena kredibiltasnya dalam memproduksi sejumlah vaksin untuk lebih dari 30 negara di dunia.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar