Yamaha

5 Cara Ini Bantu Anda Mudah Mengingat

  Kamis, 16 Juli 2020   Republika.co.id
ilustrasi otak. (Freepik)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Banyak orang yang mungkin pernah mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu saat sedang dibutuhkan, entah itu daftar belanjaan ataupun ulang tahun teman. Dalam kondisi seperti ini, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengingat kembali hampir semua hal.

Pemenang empat kali kejuaraan USA Memory Champion sekaligus Grandmaster of Memory Nelson Dellis membagikan teknik yang biasa dia gunakan. Teknik ini membantunya untuk bisa mengingat banyak hal, termasuk 10.000 deret angka bilangan pi.

Dellis mengungkapkan ada lima langkah untuk bisa mengingat kembali suatu informasi. Berikut ini adalah kelima langkah tersebut, seperti dilansir Wired, Kamis (16/7/2020).

Mulai dengan Gambar
Salah satu cara mudah untuk mengingat adalah dengan memanfaatkan gambar. Caranya, asosiasikan sesuatu yang ingin diingat dengan suatu gambar yang mudah diingat.

Dellis memberi contoh untuk mengingat daftar tujuh keajaiban dunia. Tembok Besar Cina bisa diasosiasikan dengan gambar sebuah tembok, sedangkan Petra bisa diasosiasikan dengan gambar hewan peliharaan.

Letakkan Gambar pada Lokasi
Langkah selanjutnya adalah meletakkan gambar-gambar yang sudah diasosiasikan dengan informasi yang ingin diingat di tempat-tempat strategis. Misalnya saat mengingat daftar tujuh keajaiban dunia, Dellis meletakkan gambar-gambar yang berkaitan dengan tujuh situs keajaiban dunia di berbagai lokasi di rumahnya, seprti di pintu masuk, di sofa hingga dapur.

Teknik ini dikenal sebagai istana ingatan atau memory palace. Teknik ini bermanfaat untuk mengingat sesuatu sesuai dengan urutannya.

Teknik ini pula yang digunakan Dellis untuk mengingat 10.000 angka bilangan pi. Dellis mengatakan penelitian neuroimaging menunjukkan bahwa teknik ini dapat membantu lebih banyak bagian otak untuk terlibat dalam melihat gambar.

Beri Perhatian
Mengingat tujuh keajaiban dunia mungkin bukan hal yang sulit. Akan tetapi, mengingat 10.000 angka bilangan pi tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan lebih banyak motivasi untuk bisa mengingat deretan angka yang panjang ini. Selain itu, diperlukan pula perhatian dan fokus yang baik ketika mengingat.

Pecah Menjadi Beberapa Bagian
Untuk bisa mengingat banyak informasi, pecah informasi tersebut menjadi bagian yang lebih kecil. Saat mengingat 10.000 angka bilangan pi, Dellis memecahnya menjadi per lima angka agar lebih mudah diingat.

Ulangi Kembali
Sebagian besar memori tidak masuk sampai ke bagian memori jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk mengulang kembali informasi yang ingin diingat. Pengulangan ini dapat mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang.

Tapi, tak ada jalan pintas untuk hal ini. Diperlukan pengulangan dan kerja keras untuk bisa berhasil dengan baik.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar