Yamaha

PHRI Sampaikan Kesiapan Hotel dan Restoran untuk Beroperasi

  Rabu, 08 Juli 2020   Republika.co.id
Ilustrasi hotel. (Unsplash/Marten Bjork)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengaku sudah siap beroperasi usai protokol kesehatan ditempuh sebagai syarat usaha di sektor perhotelan dan restoran dibuka kembali.

"Hari ini kami ingin sampaikan ke masyarakat, kita siap. Sebab sebelumnya, industri pariwisata khususnya hotel dan restoran paling siap, tadi Pak Menteri Wishnutama melihat hotel sudah terapkan protokol kesehatan," ujar Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani dalam Sosialisasi Kebijakan dan Simulasi Protokol Kesehatan Bagi Industri Parekraf di Masa Covid-19, di Jakarta, pada Rabu, (8/7/2020).

Ia menuturkan, PHRI telah membuat tiga versi protokol kesehatan untuk hotel dan restoran. Versi pertama dibuat pada awal Maret, saat kasus pertama Covid-19 di Indonesia ditemukan.

"Kami luncurkan protokol kesehatan versi pertama sekitar 7 Maret, jadi 5 hari setelah kasus pertama diumumkan. Sekarang, kami sudah membuat protokol kesehatan versi ketiga," jelasnya.

Hariyadi mengungkapkan, protokol kesehatan sengaja dibuat tiga versi karena mengikuti atau menyesuaikan dengan berbagai persyaratan yang diminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Yang sempat agak lama (pembahasannya), yaitu tata cara buffet, di kolam renang, dan tempat fitness," kata dia.

Setelah berdiskusi dengan Kemenkes, sambungnya, tata cara yang diajukan PHRI pun dinyatakan sesuai standar. "Jadi terima kasih ke Kemenkes dan Kemenparekraf, intinya kami sangat berbahagia karena pemerintah betul-betul dalam satu perahu, bagaimana atasi situasi sulit ini," ujar Hariyadi.

Dirinya melanjutkan, sekarang kondisinya fokus pada pengembalian permintaan atau demand. Maka, menurut dia, pemerintah harus menjadi contoh bagi masyarakat.

"Yang trigger harus pemerintah, karena kalau pemerintah sendiri nggak mulai lakukan aktivitas dengan meeting dan perjalanan, akhirnya semua orang nggak berani," tegas dia. PHRI, lanjutnya, akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, sekaligus siap bekerja sama membantu pemerintah.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar