Yamaha

Membaik, Angka Reproduksi Covid-19 di Jabar Konsisten di Bawah Satu

  Selasa, 30 Juni 2020   Nur Khansa Ranawati
[Kartun Editorial] Petugas medis tak kenal lelah lawan Virus Corona karya Muhammad Nasir. (Ayosemarang.com)

BANDUNG, AYOBEKASI.NET -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut kasus Covid-19 di Jabar berada dalam situasi yang terkendali. Hal ini salah satunya tercermin dari angka reproduksi kasus Covid-19 yang konsisten berada di bawah 1 selama seminggu terakhir.

"Angka reproduksi Covid-19 tetap di bawah 1. Rata-rata dalam 7 hari ke belakang ada di angka 0,79," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Senin (29/6/2020).

Ia mengatakan, hal tersebut juga diiringi dengan jumlah kesembuhan pasien positif Covid-19 yang terus bertambah. Dalam satu hari, rata-rata pasien sembuh berada di kisaran 17 orang.

"Jumlah yang sembuh sekarang sudah melebihi jumlah yang sakit atau masih dirawat (positif aktif). Kesembuhan rata-rata 17 orang per hari," ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit juga terus menurun. Setelah okupansi ruang rawat pasien Covid-19 berada di angka 27% pada minggu lalu, saat ini angka tersebut kembali turun 1%.

"Jumlah di rumah sakit turun lagi, minggu lalu 27% sekarang menjadi 26%. Saya doakan mudah-mudahan terus sampai akhirnya 0% dan tidak ada lagi yang dirawat," ungkapnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Covid-19 Jabar juga saat ini masih terus mengejar target pengetesan masif untuk menemukan peta persebaran kasus yang lebih akurat. Kapasitas pengetesan saat ini telah mencapai 2.000 sampel PCR per-hari.

"Dalam seminggu sudah bisa tes hampir 14 ribu sampel PCR," ungkap Emil.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar