Yamaha

Pemerintah Musnahkan Jamur Enoki, Hati-hati Kontaminasi di Rumah

  Rabu, 24 Juni 2020   Suara.com
Jamur Enoki. (Freepik)

AKARTA, AYOBEKASI.NET -- Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Kementerian Pertanian Indonesia memusnahkan jamur enoki yang terbukti mengandung bakteri Listeria. Pemusnahan ini terkait dengan wabah Listeria yang terjadi di Amerika Serikat sehingga menyebabkan korban jiwa.

"Kemarin 2 hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," ujar Kepala Pusat Penganekaraman Konsumsi dan Keamanan Pangan Yasid Taufik, MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020).

Wabah Listeria di Amerika telah menelan korban 4 orang meninggal dunia dan 31 orang mendapat perawatan di rumah sakit. Bahkan, ada 6 kasus ibu hamil yang terinfeksi Listeria, dan 2 di antaranya mengalami keguguran.

Mengutip situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hasil investigasi menunjukkan wabah Listeria ini berasal dari jamur impor asal Korea Green Co. LTD yang akhirnya membuat seluruh produk ditarik.

Melalui wawancara, 12 dari 22 pasien yang terinfeksi Listeria, atau sebanyak 55%, mengaku mengonsumi jamur enoki sebelum jatuh sakit. Kemudian FDA Amerika mengumpulkan jamur enoki dari supermarket dan toko kelontong tempat mereka membeli.

Pada 6 April 2020, hasil pengujian sampel menunjukkan adanya kandungan strain Listeria monocytogenes. Hingga akhirnya pada 7 April 2020, FDA melarang dan menarik jamur enoki yang diimpor Green Co.LTD.

Mencegah penyakit di masa mendatang, ternyata pada 18 Maret 2020 lalu, BPOM Korea sudah melakukan investigasi di dalam negeri, dan mendapat ada dua perusahaan di Korea yang memproduksi jamur enoki yang mengandung Listeria monocytogenes.

Saat ini, diprediksi wabah listeria telah berakhir. Namun bagi masyarakat yang terlanjur memiliki jamur enoki dengan produk serupa, sebaiknya segera memusnahkannya, karena Listeria diketahui bisa bertahan hidup di suhu dingin dan bisa menyebar ke makanan lainnya.

Berikut cara membersihkan wadah dan makanan yang dicurigai terkontaminasi Listeria dari jamur enoki:

  • Lakukan pembersihan lemari pendingin
  • Cuci bekas wadah atau permukaan dengan air sabun.
  • Cuci wadah dengan air panas dan sabun.
  • Bisa bersihkan wadah dengan larutan 1 sendok makan cairan pemutih per satu liter air. Dilakukan setelah dibersihkan dengan sabun dan air panas.
  • Mengurangi risiko kontaminasi silang, maka pengelola restoran yang sempat menerima jamur enoki yang ditarik, harus esktra waspada dalam hal kebersihan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar