Yamaha

Seteru John Kei dengan Nus Kei Bermula di Nusakambangan

  Rabu, 24 Juni 2020   Republika.co.id
John Kei. [Suara.com/Aldie Syaf Bhuana]

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Perseteruan antara John Kei dan Nus Kei bermula dari penjualan tanah di Maluku. Persoalan tanah tersebut sudah muncul sejak John Kei masih mendekam di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Ada perkara tanah yang saat itu memang John Kei minta tolong kepada Nus Kei untuk segera diuruskan, karena John Kei pada saat itu ada di Nusa Kambangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu (24/6/2020).

Usai menjalani masa hukumannya, sambung Yusri, John Kei menerima kabar bahwa uang hasil penjualan tanah tersebut telah dicairkan. Dia kemudian meminta uang hasil penjualan itu yang menjadi bagiannya. Namun, Nus Kei mengaku belum menerima uang tersebut.

"Si John Kei merasa dikhianati oleh Nus Kei dengan permasalahan yang ada. Menurut John Kei sudah dibayar, tapi menurut Nus Kei belum," ungkap Yusri.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, motif penyerangan kelompok John Kei di dua lokasi berbeda, pada Minggu (21/6) dilatarbelakangi masalah pribadi antara John Kei dan Nus Kei. Nana menyebut, John Kei merasa kecewa terhadap Nus Kei yang juga masih memiliki hubungan keluarga dengan dirinya, lantaran pembagian uang hasil penjualan tanah tidak merata.

"Dilandasi atau berdasarkan masalah pribadi antara John Kei dan Nus Kei terkait adanya ketidakpuasan dalam hal pembagian uang hasil penjualan tanah. Jadi, ini masalah pribadi sebenarnya awalnya," kata Nana dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/6).

John Kei kemudian memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Nus Kei dan anggotanya berinisial ER atau YDR. Hal itu terungkap setelah polisi memeriksa ponsel anak buah John Kei. Selain itu, anak buah John Kei juga diketahui terlebih dahulu mengirimkan ancaman melaui pesan singkat terhadap Nus Kei dan ER alias YDR.

"Kita membuka ponsel pelaku ini, di mana didapatkan ada perintah dari John Kei ke anggotanya, indikator dari pemufakatan jahat adanya perencanaan pembunuhan terhadap Nus Kei dan ER atau YDR," ungkap Nana.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar