Yamaha

45 Hari Operasi Ketupat, 156.774 Kena Sanksi

  Senin, 08 Juni 2020   Republika.co.id
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Sepanjang 45 hari Operasi Ketupat 2020 diberlakukan, sebanyak 156.774 kendaraan dikenai sanksi putar balik. Kendaraan-kendaraan itu berasal dari arus mudik dan arus balik.

"Operasi Ketupat sudah selesai dari kemarin, tanggal 7 jam 24.00," kata Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal Benyamin saat dihubungi Republika.co.id, Senin (8/6/2020).

Operasi Ketupat 2020 dilaksanakan sejak 24 April hingga 30 Mei lalu sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan arus mudik masyarakat selama pandemi virus corona. Pelaksanaan operasi itu sempat diperpanjang hingga 7 Juni untuk mengantisipasi arus balik menuju Jakarta.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas, sebanyak 78.455 kendaraan diputar balik dari arus mudik. Sementara itu, 78.319 kendaraan diputar balik pada masa arus balik.

Operasi Ketupat fokus di sejumlah polda, yakni Metro Jaya, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Fokus operasi untuk menekan perpindahan manusia dengan tujuan minimalisasi penularan Covid-19.

Sejauh ini tidak ada rencana operasi tersebut akan diperpanjang. Kendati demikian, Benyamin mengatakan, pencegahan perpindahan masyarakat dalam menghentikan laju pandemi Covid-19 ini tetap dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas polda masing masing.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar