Yamaha

Rapid Test Covid-19 di Bekasi Ditunda

  Senin, 23 Maret 2020   Firda Puri Agustine
ilustrasi (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NETPelaksanaan mass rapid test atau rapid tes massal Covid-19 yang direncanakan Selasa (24/3/2020) di Stadion Patriot Candrabaga ditunda sementara.

Ketua Satuan Tugas Darurat Penanggulangan Bencana Covid-19 Kota Bekasi sekaligus Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono menjelaskan bahwa penundaan itu terkait dengan kesiapan alat dan perubahan metode pemeriksaan.

“Untuk besok pemeriksaan rapid test Corona untuk sementara ditunda pelaksanaannya sambil menunggu kesiapan alat dan metode yang terus kita evaluasi,” kata Tri melalui pesan singkat, Senin (23/2/2020).

“Jadi untuk warga Kota Bekasi untuk besok tidak usah hadir,” lanjutnya.

Dia belum bisa memastikan kapan waktu pasti penyelenggaraan rapid test tersebut karena masih menunggu kesiapan alat dari pemerintah pusat.

“Segera setelah alat tes dan peralatannya ada di Kota Bekasi,” ujar Tri.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan pihaknya bakal menggelar rapid test massal di tiga wilayah Jawa Barat, yakni Bekasi, Bogor, dan Bandung yang memiliki tingkat kasus positif Covid-19 tertinggi.

“Rapid test ini per hari Minggu (22/3/2020) ini alatnya belum ada, tapi dijanjikan pemerintah pusat besok dikirim ke Bandung. Jadi, diharapkan Selasa bisa mulai (rapid test massal),” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Dia menjelaskan, rapid test yang akan dilakukan tersebut memakai metode pengambilan darah. Apabila hasilnya negatif, maka orang yang dites diperbolehkan pulang. Namun, apabila positif, maka dilanjutkan tes PCR dengan pengambilan dahak.

“Kalau positif juga, maka dia tidak boleh kemana-mana dan langsung dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar