Yamaha

Pemprov DKI Pastikan Banjir di Sebagian Jakarta Telah Surut

  Senin, 24 Februari 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi banjir Jakarta. (Twitter @TMCPoldaMetro)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Subejo mengatakan bahwa sebanyak 35 RW di Jakarta masih tergenang banjir. Rinciannya, 26 RW di kawasan Jakarta Utara dan 9 RW di Jakarta Timur.

“Ketinggian air sekitar 10 – 30 cm hingga 70 – 100 cm. Untuk penyebabnya, di wilayah Jakarta Utara karena curah hujan yang tinggi. Sedangkan, di wilayah Jakarta Timur tidak hanya karena curah hujan tinggi, tetapi juga karena luapan Kali Ciliwung, Kali Sunter, dan Kali Mati,” jelas Subejo, Senin (24/2/2020).

Subejo menambahkan, meski genangan di sebagian besar wilayah permukiman telah surut, namun masih ada warga yang memilih mengungsi.

"Hingga kini, warga yang masih mengungsi sebanyak 682 KK dan 2.393 jiwa. Untuk lokasi pengungsian, di Jakarta Pusat masih tersedia 1 lokasi pengungsian, Jakarta Utara masih tersedia 20 lokasi pengungsian, Jakarta Barat masih tersedia 1 lokasi pengungsian, dan Jakarta Timur masih tersedia 3 lokasi pengungsian. Sedangkan, di Jakarta Selatan, sudah tidak ada warga yang mengungsi," jelasnya.

Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan tim gabungan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, BPBD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta hingga PPSU Kelurahan untuk menangani banjir dan genangan.

Antisipasi genangan dan banjir juga terus dilakukan melalui Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta. Berbagai hal yang dilakukan, yaitu memonitor dan membersihkan tali-tali air, menguras saluran air, mengecek fungsi pompa, hingga membuat sumur resapan (drainase vertikal) di sejumlah titik.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar