Yamaha

Normalisasi Kali Ulu Jadi Prioritas Pemkab Bekasi

  Rabu, 29 Januari 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi -- Kali Pisang Batu di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, dipenuhi sampah pada 2019. Kebiasaan buruk warga dengan membuang sampah sembarangan diduga menjadi penyebab utamanya. (Ayobekasi.net/Ananda M Firdaus)

CIKARANG UTARA, AYOBEKASI.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan segera merealisasikan normalisasi Kali Ulu dan penataan kembali sejumlah drainase di Cikarang Utara yang masuk dalam program prioritas tahun ini.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membangun Kabupaten Bekasi menjadi lebih baik dengan memprioritaskan berbagai program serta usulan dari masyarakat.

AYO BACA : Netizen Malu, Bule Ajak 1.000 Relawan Bersihkan Sampah di Indonesia

“Pemkab Bekasi akan melakukan pembangunan trash rack di sungai-sungai yang menjadi daerah perbatasan atau hulu sungai,” kata Eka, Rabu (29/1/2020).

“Kami juga akan meningkatkan cakupan pengelolaan sampah dengan menggunakan teknologi dan sarana prasarana pendukung,” lanjutnya.

AYO BACA : Banyak yang Kelaparan, Tapi Indonesia Menyumbang Sampah Makanan Terbesar Kedua Dunia

Hal itu menyusul masalah penumpukan sampah di Kali Cibitung Bekasi Laut (CBL) yang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Adapun letak kali CBL berada di hulu sungai, di mana penumpukan sampah diduga bukan berasal dari warga Cikarang Utara.

Sebelumnya, Camat Cikarang Utara Muchlis meminta Pemkab Bekasi segera menormalisasi Kali Ulu dan juga melakukan pembangunan turap di Kali Ulu karena sudah banyak yang rusak dan harus segera ditangani agar luapan air sungai tidak masuk ke daerah pemukiman warga.

“Kali Ulu ini sudah lama sekali tidak dinormalisasi, sudah lebih dari 10 tahun. Saya berharap Kali Ulu ini untuk segera dinormalisasi dan juga turapnya diperbaiki untuk mencegah banjir juga ketika musim penghujan tiba,” ujar Muchlis.

AYO BACA : Aliran Bekasi Sumbang Sampah di Teluk Jakarta


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar