Yamaha

BPBD: Musim Kobra Bukan Pertanda Bencana

  Jumat, 13 Desember 2019   Firda Puri Agustine
ilustrasi. (Pixabay)

BEKASI KOTA, AYOBEKASI.NET Kemunculan ular kobra di beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Bogor, Purwakarta, Bekasi, dan Depok dianggap sebagai sebuah pertanda alam akan terjadinya bencana. Hal ini lantaran kehadirannya yang serempak dan membuat resah masyarakat.

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Diky Sapta Aji menyatakan bahwa munculnya ular, baik jenis kobra maupun yang lain bukan ‘alarm’ atau fenomena aneh.

AYO BACA : Kobra Muncul di Empat Daerah Jabar, Termasuk Bekasi

Enggak ya bukan pertanda bencana, tapi murni peralihan musim dari cuaca panas ke hujan. Suhu dan kelembapan udara yang tinggi memicu mereka keluar. Ular kan suka tempat yang lembap,” kata Diky saat dihubungi Ayobekasi.net, Jumat (13/12/2019).

Dia mengungkapkan, tidak hanya hewan jenis ular saja, tapi binatang melata lain seperti kadal dan biawak jadi cukup sering ditemukan. Dan, itu merupakan sesuatu yang wajar di kondisi udara lembap seperti sekarang.

AYO BACA : Musim Ular Kobra Bikin Resah Warga Bekasi

Diky mengimbau pada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari tempat-tempat yang rawan menjadi sarang ular seperti rawa maupun kebun yang banyak terdapat semak belukar.

“Kalau menemukan ada ular, jangan main tangkap karena berbahaya. Bisanya mematikan. Lebih baik hubungi kami atau petugas Damkar untuk mengevakuasi ular itu,” ujarnya.

Penemuan ular kobra beberapa kali terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi belum lama ini. Terbaru, ditemukan di sebuah pekarangan rumah warga di Kampung Poncol, Kelurahan Jakasampurna, Kamis (12/12/2019) dini hari.

AYO BACA : http://www.ayobekasi.net/read/2019/12/10/4506/teror-kobra-warga-bogor-sudah-tangkap-33-anak-ular


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->