Yamaha Aerox

Tips Mendongeng yang Bikin Anak Tertarik

  Senin, 02 Desember 2019   Firda Puri Agustine
Komunitas Kampung Dongeng Bekasi saat menggelar pameran di Bekasi Community Festival akhir pekan lalu. (Ayobekasi.net/Firda Puri Agustine)

BEKASI KOTA, AYOBEKASI.NET -- Keberadaan gadget seringkali mengikis peran orangtua dalam memberi pendidikan yang baik bagi anak. Banyak dari mereka yang akhirnya malas mendongeng cerita, padahal kegiatan ini punya banyak sekali manfaat.

Ketua Komunitas Kampung Dongeng Bekasi Ahmad Sanusi mengungkapkan bahwa anak-anak sebenarnya sangat senang mendengarkan cerita. Apalagi, didukung dengan bantuan alat peraga seperti boneka tangan dan gambar-gambar atraktif.

“Tinggal bagaimana cara kita mendongeng-nya. Kalau kita bisa membawakan karakter cerita dengan menarik, anak-anak pasti memperhatikan ceritanya sampai habis,” kata pria yang akrab disapa Ahsan ini saat ditemui di Harapan Indah, Bekasi, Senin (2/12/2019).

Dia lantas memberikan tips bagi orangtua agar bisa menarik minat anak untuk mendengar apa yang akan mereka ceritakan. Pertama, mulailah dengan cara yang paling mudah, yakni coba membacakan ceritanya lebih dulu.

“Biar menarik, kita harus menciptakan kreasi juga kreativitas. Seperti misalnya kreasi suara itu kan ada narasi dan intonasi. Nah, itu harus ada intonasi dan dinamika suaranya menciptakan suasana dalam cerita,” ujarnya.

Selain itu, sebagai pendongeng, orangtua juga dapat memberi selingan cerita dengan musik dan nyanyian, sehingga cerita itu tidak monoton. Kemudian, jangan lupakan karakter tokoh dimana kita mesti bisa ‘menghadirkan’-nya secara lebih hidup.

 “Misalnya ada karakter harimau, kita coba menirukan suara harimau. Kemudian kalau ada tokoh lain kayak kancil atau kelinci, pakai karakter suara kecil,” kata Ahsan.

“Terakhir, ajak anak-anak masuk dan berinteraksi dalam cerita,” lanjutnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->