Yamaha

Resep Kawan Lama Retail Bertahan di Era Digital

  Jumat, 29 November 2019   Firda Puri Agustine
Kawan Lama Group baru saja meresmikan Living Plaza di Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat (29/11/2019). (Ayobekasi.net/Firda Puri Agustine)

CIKARANG PUSAT, AYOBEKASI.NET -- Era digitalisasi yang dibanjir pelaku usaha basis daring membuat industri ritel di Indonesia terpuruk. Sejumlah brand ternama sudah menutup gerainya karena beralih ke daring. Pengunjung mal hingga Pasar Tanah Abang pun turun drastis.

Berbeda dengan kondisi itu, Kawan Lama Retail yang jadi bagian Kawan Lama Group justru kian agresif membuka pusat perbelanjaan Living Plaza di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya di kawasan Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat (29/11/2019).

Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi membocorkan ‘rahasia’ perusahaannya bisa berkembang di tengah era digitalisasi saat ini. Kunci utama ternyata ada pada konsistensi di semua lini, mulai dari kualitas produk hingga pelayanan yang profesional.

“Kami memprioritaskan kepuasan pelanggan, proximity yang kami utamakan. Mendekatkan diri dengan masyarakat dengan produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau,” kata Nana di Living Plaza.

AYO BACA : Alasan Kawan Lama Buka Living Plaza di Jababeka

Pihaknya juga tidak menutup mata dengan perubahan dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga sinergi antara offline dan online mampu membuat perusahaan bertahan, bahkan berkembang di saat peritel lain berguguran.

Sejumlah contoh digitalisasi yang dilakukan adalah menggunakan teknologi terkini, baik diterapkan pada aplikasi mobile, web, hingga mengurangi pencetakan kertas. Bahkan, rapat pun bisa hanya dengan memanfaatkan teknologi video conference.

“Apa yang kami lakukan adalah berbenah diri. Konsisten dan berkomitmen penuh dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan,” ujarnya.

Tak itu saja, Kawan Lama pun tengah fokus menjangkau wilayah-wilayah yang lebih kecil di Indonesia. Hal ini lantaran potensi lokal yang ada sangat besar.

“Kami ingin menjangkau lebih banyak masyarakat, tidak hanya di kota besar, tapi juga kota yang lebih kecil. Living Plaza Jababeka ini juga dibuka bersamaan di Lampung, Banjarmasin, dan Medan,” kata Nana.

AYO BACA : Living Plaza Resmi Hadir di Jababeka


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar