Yamaha Aerox

Pemkot Bekasi Imbau Tiap Kecamatan Bikin Lubang Biopori

  Selasa, 12 November 2019   Firda Puri Agustine
Ilustrasi -- Sejumlah karyawan sebuah perusahaan sedang sibuk membuat lubang biopori. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Memasuki musim hujan tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melakukan sejumlah upaya antisipasi banjir. Salah satunya dengan pembuatan lubang biopori yang disinyalir dapat memaksimalkan air resapan hujan.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengatakan bahwa pihaknya mengimbau seluruh kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Bekasi untuk menggerakkan pembuatan lubang biopori tersebut.

AYO BACA : Titik Banjir di Kota Bekasi Berkurang

“Iya (kami imbau) di semua wilayah. Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut serta membuat lubang biopori ini,” kata Sajekti kepada Ayobekasi.net, Selasa (12/11/2019).

Selain dapat menyerap air dan mencegah banjir, lubang biopori juga bermanfaat dalam menjaga kesuburan tanah. Soal teknis pembuatannya pun diakui tidak memerlukan keahlian khusus atau peralatan mahal.

AYO BACA : Jakarta Anggarkan Uang Rp1 Triliun Demi Atasi Banjir

“Cara bikinnya gampang. Semua juga pasti bisa,” ujarnya.

Adapun cara kerja lubang biopori, yakni air hujan nantinya akan terserap masuk ke lubang biopori yang akan aktif bila diisi dengan sampah organik. Fungsi sampah organik ini agar memancing mikroorganisme dan cacing  tanah ke lubang.

Sementara, mikroorganisme kemudian akan membusukkan sampah organik dan mengubahnya menjadi tanah yang subur. Dengan metode itu, diharapkan lubang biopori mampu menyerap air hujan dengan volume yang cukup banyak.

AYO BACA : Hujan Sebentar, Warga Cikarang Utara Kebanjiran


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->