Yamaha Aerox

Cerita Don Hasman, Fotografer Pelintas Negara dengan Jalan Kaki

  Selasa, 12 November 2019   Istihanah Soejoethi
Fotografer senior Don Hasman. (Ayojakarta.com/Istihanah Soejoethi)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Usia senja tak mengalangi seorang Don Hasman untuk berpetualang ke seluruh dunia. Buktinya, kakek 79 tahun berhasil melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Saint Jean Pied de Port di Perancis hingga Katedral Santiago de Compostela di Spanyol ketika berusia 70 tahun.

Selama melakukan perjalanan ziarah ketiga terpenting dari umat Katolik itu, Don Hasman mengaku memiliki pengalaman yang ada di luar nalar manusia.

"Banyak hal yang diluar kemampuan nalar (saat melakukan perjalanan itu) kalau kita bilang mukjizat itu masih berlaku disitu, banyak saya alami dan orang alami," ujarnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

AYO BACA : Benarkah dengan Berpikir Kalori Tubuh Terbakar?

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, tidak pernah percaya dengan hal-hal yang berhubungan dengan mitos. Namun, saat di akhir perjalanan ini, ia sadar, mukjizat memang ada.

"Kalau akhir dari peziarahan itu di Fisteraa atau daratan terakhir, di situ kami mengakhiri perjalanan. Jadi kami haris harus buang atau bakar kertas dan mengucapkan harapan di tiga perapian yang ada di sana," ucapnya.

"Awalnya, saya menolak karena tidak percaya, karena saya anggap itu musyrik. Tapi, karena dipaksa akhirnya saya bakar dan berharap ekonomi keluarga saya yang saat itu sedang tidak bagus menjadi lebih bagus. Setelah saya bakar kertas harapan itu, besoknya saya ditelepon dari Indonesia dan ada transaksi Rp1 miliar dan itu terkabul," tuturnya.

AYO BACA : Indomie Goreng Masuk Daftar Mi Berpengaruh di Dunia

Kendati demikian, fotografer senior yang sudah berkeliling 60 negara ini, menganggap Indonesia sebagai negara terlengkap. Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan yang lebih banyak dibandingkan negara lainnya.

"Indonesia paling terlengkap. Saya sudah jalan lebih dari 60 negara, Indonesia paling lengkap. Kekayaan kita dibandingkan luar negeri, kita lebih kaya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Don Hasman mengatakan perjalanan yang paling sulit ia alami juga di Indonesia. Kakek kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1940 ini mengaku merasa kesulitan saat harus menyusuri Pulau Kalimantan.

"Perjalanan di Kalimantan dari barat sampai timur (itu yang tersulit) selama 44 hari. Saya kesana tahun 93 untuk memperingati 100 tahun ekspedisi Belanda. Medannya (susah) paling maju 10-12 km sehari. Padahal kalau jalan biasa, bisa satu atau dua jam tapi disana habis-habisan. Karena hutannya belum ada jalan, jadi membuka jalan sendiri," tuturnya.

AYO BACA : Netmarble Beberkan Game Teranyarnya 'Magic: Manastrike'


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->