Yamaha Aerox

Eka Minta Pemkot Bekasi Selesaikan Pemisahan Aset PDAM

  Selasa, 12 November 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Logo PDAM Tirta Bhagasasi. (tirtabhagasasi.co.id)

CIKARANG PUSAT, AYOBEKASI.NET -- Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meminta Pemerintah Kota Bekasi segera menyelesaikan tanggung jawabnya terkait pemisahan aset PDAM Tirta Bhagasasi.

"Jadi kami meminta Pemkot Bekasi segera selesaikan ini agar PDAM Tirta Bhagasasi sepenuhnya menjadi milik kami, kan kota juga sudah punya PDAM Tirta Patriot," kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja di Cikarang seperti diberitakan Antara, Selasa (12/11/2019).

Eka mengaku sedianya persoalan pemisahan aset ini dapat segera dilakukan jika ada komunikasi yang baik dari Pemerintah Kota Bekasi.

AYO BACA : Pengurasan Reservoir, Penyebab Air PDAM Sempat Mati Total

"Sudah beberapa kali kami minta bertemu dengan wali kota untuk menyelesaikan ini. Kami ingin fokus kelola PDAM secara mandiri tentunya terlihat dari jumlah penyertaan modal kami selama perusahaan ini berdiri," katanya.

Dia menilai pemisahan aset PDAM Tirta Bhagasasi cukup penting mengingat pengelolaan perusahaan oleh dua daerah selama ini tidak maksimal.

"Agar PDAM Tirta Bhagasasi bisa mandiri karena dikelola seutuhnya oleh kami," ungkapnya.

AYO BACA : PDAM Tirta Patriot Klaim Pasokan Air Bersih Aman

Bicara untung rugi menurut dia, Kota Bekasi justru sebenarnya lebih diuntungkan dengan pemisahan ini sebab instalasi jaringan di sana sudah relatif memadai ditambah banyaknya jumlah pelanggan tetap PDAM Tirta Bhagasasi di Kota Bekasi.

"Sementara di kami kan baru membangun jaringan dan merintis pelanggan kembali," ucapnya.

Menurut hasil kajian dan penghitungan tim penilai, aset yang harus dibayarkan Pemerintah Kota Bekasi kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi adalah sebesar Rp362 miliar antara lain delapan aset kabupaten yang ada di Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan pihaknya masih melakukan kajian terkait pemisahan aset tersebut. Dia mengaku sudah mengetahui jumlah yang harus dibayarkan, hanya saja masih ada penghitungan yang harus dilakukan pihaknya.

"Jadi nanti setelah dihitung kembali nilainya tidak sebesar itu, makanya kita kaji dulu," katanya singkat.

Diketahui PDAM Tirta Bhagasasi merupakan perusahaan pelat merah milik Pemerintah Kabupaten dan Kota Bekasi dengan komposisi besaran modal kabupaten sebesar Rp236.550.681.158,80 atau 77,53

AYO BACA : Dua PDAM di Bekasi Diminta Perbaiki Layanan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->