Yamaha Aerox

Begini Upaya Antisipasi Bencana di Bekasi

  Kamis, 07 November 2019   Firda Puri Agustine
Ilustrasi. (Antara)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi melakukan sejumlah upaya antisipasi menghadapi peralihan musim yang berimbas pada cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang.

AYO BACA : Bekasi Hujan Angin, Pohon Roboh di Jalan Perjuangan

Ekstremnya cuaca mengakibatkan peristiwa pohon dan rumah roboh di dekat Rumah Sakit Anna Medika, Bekasi Utara, Rabu (6/11/2019) malam kemarin. Peristiwa serupa juga terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi.

AYO BACA : Penjelasan BMKG Soal Tiga Sebab Cuaca Panas Ekstrem

Wakil Ketua Satgas BPBD Kota Bekasi Karsono mengatakan bahwa pihaknya kini rutin memantau situasi dan kondisi yang banyak terdapat pepohonan besar, juga melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait pengurangan risiko bencana.

“Kami selalu siap siaga kapanpun dibutuhkan. Seperti memangkas cabang dahan atau pepohonan yang sudah tua dan rawan tumbang karena waspada seperti kemarin (pohon roboh karena angin kencang disertai hujan lebat),” katanya saat dihubungi Ayobekasi.net, Kamis (7/11/2019).

Tidak itu saja, BPBD juga mengambil langkah penguatan kesiapsiagaan bersama dinas terkait dan masyarakat. Tak lupa memberi imbauan pada warga agar selalu tanggap terhadap situasi sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Masuk musim hujan, pasti yang dikhawatirkan juga adalah banjir. Untuk itu kami dorong warga untuk sama-sama membersihkan saluran air dan membuat sumur resapan air,” ujarnya.

AYO BACA : Bekasi Mulai Hujan, Pemkot Siap Antisipasi Banjir


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->