Yamaha Mio S

Sekolah Khusus Disabilitas Ditargetkan Beroperasi 2020

  Senin, 02 September 2019   Firda Puri Agustine
Ilustrasi -- aktivis Difabel Bandung Raya kampanye kepedulian masyarakat terhadap penyandang disabilitas di Car Free Day Dago, Minggu (03/11/2019). (Mildan Abdalloh/ayobandung.com)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi menargetkan pengoperasian sekolah bagi penyandang disabilitas pada 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan bahwa saat ini sekolah tersebut sedang berada dalam pembangunan tahap akhir.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa selesai (pembangunannya). Jadi, tahun depan sudah bisa digunakan,” kata Inayatullah kepada ayobekasi.net, Senin (2/9/2019).

AYO BACA : Pemkab Bekasi Meriahkan Peringatan 1 Muharram

Sekolah ini nantinya berlokasi di wilayah Bekasi Selatan, tepatnya di belakang Polres Metro Bekasi Kota dengan anggaran pembangunan sekitar Rp4 miliar. Adapun sasaran utama yang dituju adalah penyandang disabilitas yang mengalami cacat fisik.

Selain itu, terdapat pula beasiswa senilai total Rp500 juta yang disediakan Pemerintah Kota Bekasi bagi siswa berprestasi, memiliki keterbatasan biaya, juga termasuk di dalamnya penyandang disabilitas.

“Mudah-mudahan ini bisa memotivasi para siswa untuk terus berprestasi dan membanggakan Kota Bekasi,” ujar Inayatullah.

AYO BACA : Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Cipularang

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Kota Bekasi Jumhana Lutfi menjelaskan, nantinya sekolah tersebut akan memiliki dua lantai dengan 9 ruang kelas. Proses dan model bangunannya akan disesuaikan dan dipastikan ramah bagi penyandang disabilitas.

“Pastinya kami membangun bangunan yang sangat ramah bagi penyandang disabilitas. Semua untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi mereka selama menempuh pendidikan,” kata Jumhana.

Dia mengklaim, sekolah khusus penyandang disabilitas ini bakal menjadi sekolah penyandang disabilitas pertama yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Fasilitasnya juga mengakomodir kebutuhan para penyandang disabilitas seperti ketersediaan kursi roda, buku-buku braile, dan sebagainya,” ujarnya.

AYO BACA : Korban Kecelakan Tol Cipularang Dievakuasi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar