Yamaha Mio S

2020, Jakarta Rencana Gelar Balap Formula E

  Selasa, 13 Agustus 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Mahasiswa anggota Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyetir mobil balap bernama Yudhistira di UNS Solo, Jawa Tengah, Senin (12/8/2019). Tim Bengawan UNS akan membawa mobil balap Yudhistira untuk menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang balapan Formula SAE Japan kategori "internal combustion engine" atau mesin pembakaran dalam pada pada 27-31 Agustus 2019. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas integrasi transportasi di Ibu Kota Jakarta, Selasa (13/8/2019). Selain itu, Anies juga membicarakan soal pelaksanaan balap mobil Formula E yang rencananya dilaksanakan pada 2020.

"Beliau memberikan dukungan dan apresiasi, dan Insya Allah akan kami finalisasikan, serta tadi menceritakan prosesnya, kemudian juga dampak-dampak perekonomiannya karena dari kegiatan ini kita akan bisa menggerakkan perekonomian Jakarta dengan efek yang cukup besar," ungkap Anies seperti dilaporkan Antara.

AYO BACA : Hingga Agustus, 152 Kebakaran Terjadi di Bekasi

Balap mobil Formula E adalah kompetisi balap mobil single-seater seperti Formula 1, namun hanya menggunakan mobil yang menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga lebih ramah lingkungan.

Formula E pertama kali mengaspal pada September 2014 di Beijing, China. Saat ini Formula E sedang menjalankan musim kelimanya dan sebagian besar balapan Formula E diadakan di sirkuit jalan raya. Tiap sirkuit Formula E biasanya memiliki panjang sekitar 2-3 km.

AYO BACA : Besok, Anies Baswedan Resmi Setahun Jadi Gubernur Tanpa Wakil

Balapan yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2020, juga akan diadakan di jalan raya, namun belum diketahui jalanan mana di Jakarta yang akan menjadi sirkuit Formula E.

"Tadi saya tunjukkan hasil-hasil studi dari tim Formula E yang mereka sudah melakukan studi tentang pasar, termasuk efek pasar dan sekaligus hasil studi mereka tentang rute yang akan digunakan," ungkap Anies.

Namun Anies enggan mengungkapkan rute balap jalan raya Formula E saat ini.

"Nah, belum bisa diumumkan (rutenya), karena memang harus dibicarakan final dengan tim di Formula E. Tapi tadi saya melaporkan itu (ke Presiden) dan Presiden berikan dukungan, pemerintah pusat akan memfasilitai karena nanti akan ada kendaraan-kendaraan formula yang masuk ke sini harus ada soal cukainya, soal imigrasinya, dan lain-lain," tambah Anies.

Anies sendiri mengumumkan lewat akun Instagramnya pada 14 Juli 2019 bahwa tim dari Formula E sudah melakukan telaah lapangan pada 8-9 Juli 2019 hingga disepakati bahwa Jakarta layak menggelar balapan pada 2020.

AYO BACA : Penjahat Properti Diamankan Polda Metro Jaya


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar