Yamaha Mio S

Kakek Tua Calo SIM di Bekasi Terjaring Razia Polisi

  Jumat, 14 Juni 2019   Ananda M Firdaus
Pengungkapan kasus percaloan SIM oleh Polres Metro Bekasi Kota. (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Tiga orang pria tua MA (61), DJ (74), dan AA (62) terjaring kepolisian karena diduga menawarkan jasa calo pembuatan SIM di sekitar Polres Metro Bekasi Kota.

Selain ketiganya, dua orang lainnya BB (34) dan KA (43) turut ditangkap dengan sangkaan serupa. 

"Ini diungkap oleh Tim Cyber Calo yang dipimpin Kasatreskrim. Dalam hal ini tim cyber calo menangkap lima orang terduga pelaku calo yang berada di sekitar Polres Metro Bekasi Kota," terang Wakapolres Metro Bekasi Kota AKPB Eka Mulyana, Jumat (14/6/2019).

Dijelaskan Eka, mereka sendiri tertangkap tangan saat berkeliaran di luar mapolres. Modus jasanya, mereka akan menghampiri para pemohon SIM yang gagal pada ujian pembuatan SIM. 

Mereka berdalih dapat membuat SIM tanpa harus pemohon diuji, baik teori maupun praktik dan pemohon tinggal difoto. "Jadi mereka yang gagal didekati oleh para terduga ini kemudian diiming-imingi untuk bisa membantu membuat SIM dengan sejumlah uang dari Rp750.000-Rp800.000," terang Eka. 

Eka sendiri memastikan bahwa mereka tidak bisa menawarkan jasanya di dalam Polres Metro Bekasi Kota. Hal itu dikarenakan Polres Metro Bekasi Kota sudah memiliki predikat Wilayah Bebas Korupsi atau WBK sehingga jasa calo tak mungkin bisa masuk. 

Atas alasan itu, Eka menyatakan sekalipun mereka berkeliaran di sekitar polres, tawaran jasa pembuatan SIM tersebut tidak bisa diproses di markasnya. 

Namun untuk mencari bukti lebih lanjut, kepolisian akan mendalami kasus sehingga praktik ilegal semacam ini bisa diberantas. 

"Keberadaan mereka ini betul-betul mengganggu dari kegiatan yang diadakan polres. Karena polres kita ini sudah WBK dan kita larang adanya calo di sekitar sini," kata Eka. 

Atas perbuatan tersebut, para diduga calo ini disangkakan Pasal 38 KUHP tentang penipuan dengan ancaman penjara hingga empat tahun. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar