Yamaha Aerox

Program Pembanguman Masyarakat Perkampungan Harus Jadi Prioritas

  Jumat, 14 Juni 2019   Ananda M Firdaus
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (Nur Khansa/Ayobandung.com)

BEKASI SELATAN,AYOBEKASI.NET--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi diharapkan melirik nasib masyarakat di pelosok atau perkampungan. Dilantikanya Eka Supria Atmaja sebagai bupati definitif, diharapkan memproyeksikan kebijakan-kebijakan yang lebih baik dibanding bupati sebelumnya. 

Pengamat kebijakan publik dari Unisma Ali Anwar menilai, selama ini pembangunan di Kabupaten Bekasi cenderung di wilayah perkotaan seperti di Cikarang. 

"Dulu kepada bu Neneng saya juga sudah menyarankan melalui media, jadi kalau bisa pembangunan itu dimulai bukan dari perkotaan tapi dari ujungnya kampung ditarik ke tengah," kata Ali, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, yang terjadi saat ini pembangunan dipola dari pusat kota baru ke wilayah perkampungan. Hal itu membuat ketimpangan pada wajah Kabupaten Bekasi. 

"Dampaknya apa? Jadi pelosok itu gak pernah tersentuh, jadi baru jalan lima tahun, jalan baru setengah kebangun, jadi ujungnya gak sampe-sampe jalannya ke kampung," katanya.

Dia mengingatkan, keberadaan bupati serta wakil bupati tidak terlepas dari dipilihnya mereka oleh warga di kampung-kampung. Pasalnya menurut Ali, di pusat-pusat perkotaan di Kabupaten Bekasi masyakarat yang tinggal kebanyakan merupakan masyarakat urban. 

"Akhirnya itu dulu yang harus diutamakan. Kalau mereka sudah terangkat, sejahtera, dan bisa disejajarkan dengan orang kota barulah buat kebijakan-kebijakan yang berpihak pada orang kota," tutur Ali.

Selain masalah pembangunan, Ali pun meminta agar pemerintah dapat menggulirkan program-program yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di perkampungan. Misalnya dengan membangkitkan potensi wilayah. 

Sebagai bupati, Eka mesti berani menanggung resiko ketika membuat kebijakan yang pro rakyat. Dia mencontohkan seperti Wali Kota Bekasi yang kukuh mempertahankan jaminan kesehatan gratis melalui Kartu Sehat walaupun mendapat kritik dari berbagai pihak. 

"Kalau dasarnya keberpihakan kepada masyarakat insyallah pemerintahan akan jalan lebih baik," tandasnya. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->