Yamaha Mio S

Kepala LH Diganti, Kota Bekasi Kembali Mimpikan Piala Adipura

  Kamis, 13 Juni 2019   Ananda M Firdaus
Piala Adipura. (Antara)

BEKASI SELATAN,AYOBEKASI.NET--Yayan Yuliana resmi mengganti Jumhana Lutfi menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. Sebagai pimpinan baru, Yayan memproyeksikan Kota Bekasi meraih Piala Adipura tahun 2019.

Harapan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya sejak diresmikan menjadi kota pada tahun 1997, Kota Bekasi belum meraih Piala Adipura. Upaya-upaya yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya juga kerap gagal. 

"Program awal dinas, kita akan fokus pada capaian raihan Adipura, Bagaimana Kota Bekasi bisa mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2019," terang Yayan, Kamis (13/6/2019).

Kendati masih perlu beradaptasi dengan jabatannya tersebut, mantan kepala dinas perhubungan ini akan memetakan permasalahan lingkungan di Kota Bekasi agar piala bisa teraih. 

Dia mengatakan untuk mengejar target tersebut maka pihaknya meminta kerjasama segenap elemen. Yang paling penting adalah peran masyarakat. Selama ini kesadaran terhadap lingkungan itu ada tinggal dimaksimalkan. 

"Kita ingin Adipura yang bermanfaat. Untuk itu LH akan bersama masyarakat paling tidak sama-sama untuk merapihkan lingkungan sendiri, dimulai dari RT dan RW dan perumahan,” ujarnya. 

Disamping masalah kesadaran di lingkungan warga, Yayan pun memproyeksikan tempat pembuangan sampah (TPA) milik Kota Bekasi di Sumurbatu bisa dibenahi lebih baik. 

Selama ini TPA disinyalir banyak mempunyai masalah. Dua di antaranya volume sampah yang melebihi kapasitas lahan TPA yang telah terjadi bertahun-tahun dan solusi mengurangi sampah di dalamnya. 

Yayan menyampaikan, baik urusan kebersihan di lingkungan warga maupun di hilirnya TPA pasti masuk ke dalam penilaian tim Adipura kelak.

"Selama ini soal TPA juga menjadi persoalan, karena masuk dalam penilaian yang rendah, tentu akan menjadi perhatian untuk dibenahi,” tandasnya. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar