Yamaha Mio S

Arus Balik Masih Padat, Buka Tutup Rest Area Diberlakukan

  Minggu, 09 Juni 2019   Ananda M Firdaus
Ilustrasi buku tutup rest area di jala tol. (Antara Foto/Harviyan Perdana Putra)

CIKARANG UTARA, AYOBEKASI.NET -- Pada hari terakhir libur lebaran yang juga diprediksi sebagai puncak arus balik, Jasa Marga memberlakukan rekayasa buka tutup rest area di ruas Jakarta-Cikampek. 

Corporate Communication Departement Head Jasa Marga Irra Susiyanti menyatakan kebijakan ini merupakan diskresi kepolisian mengantisipasi kepadatan ruas. Pada hari sebelumnya rekayasa ini juga diberlakukan mengingat arus tol cukup padat.

Kepadatan ruas tol tersebut bersamaan dengan penerapan skema one way atau satu arah ruas tol. Bahkan hari ini, Minggu (9/6/2019), penerapan one way ditarik lebih awal dari jadwal semula pukul 12.00 WIB menjadi pukul 08.24 WIB. 

"Buka tutup rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta secara situasional saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," kata Irra.

Irra menerangkan, buka tutup rest area berlaku pada rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta antara lain di kilometer (km) 62B, km 52B, km 42B, dan km 32B. 

"Hal ini juga dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way," tambahnya. 

Ia mengimbau pengguna jalan sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan memenuhi kebutuhan dasar pemenuhan BBM, toilet, perbekalan di rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya," tandasnya. 
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar