Yamaha Mio S

3 Caleg Protes PPK, Bawaslu Bekasi Gelar Sidang Cepat

  Kamis, 16 Mei 2019   Ananda M Firdaus
Sidang penanganan pelanggaran administrasi pemilu di Kantor Bawaslu Kota Bekasi, Jalan Mataram, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (16/5/2019). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI BARAT, AYOBEKASI.NET--Bawaslu Kota Bekasi menggelar sidang penanganan pelanggaran administrasi pemilu di kantornya, Jalan Mataram, Bekasi Barat, Kamis (16/5/2019).

Sidang itu terselenggara setelah tiga orang caleg DPRD Kota Bekasi melaporkan masalah penghitungan suara di tingkat PPK.

Tiga caleg itu, R. Eko caleg asal Partai Gerindra dapil Medan Satria, Bekasi Barat, Irfansyah caleg PAN dapil Rawalumbu, Mustikajaya, dan Bantargebang, serta pelapor Aminullah untuk caleg asal PPP Nawal dari dapil Bekasi Utara.

AYO BACA : Bawaslu Nyatakan KPU Langgar Tata Cara Input Situng

"Hari ini agenda perdana sidang untuk pemeriksaan, dari pelapor tentang bagaiamana laporannya, apa barang buktinya, dan meminta jawaban dari PPK terkait laporan dari pelapor," jelas Komisioner Bawaslu Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Ali Mahyail usai memimping sidang.

Ali mengatakan, laporan itu sendiri hampir bernada sama. Pertama caleg Gerindra memasalahkan hasil perhitungan suara internalnya berbeda dengan PPK. Bahkan caleg PAN melaporkan penghitungan suara yang salah merugikan suaranya hingga 4.000 suara.

Sementara caleg PPP memasalahkan jumlah ketidakcocokan DPT dengan formulir C1 yang mengakibatkan suara menjadi berbeda.

AYO BACA : Lipkhas KPPS: Bawaslu Sebut Beban Kerja KPPS Lebih Berat daripada PTPS

"Kalau memang benar ada kecurangan, ini kan sifatnya administrasi, kita akan putuskan bahwa PPK melanggar secara administrasi dan kita akan berikan peringatan dan teguran tertulis," kata Ali.

Untuk menentukan salah tidaknya PPK, Ali mengatakan tidak akan lama. Setelah memegang barang bukti dan jawaban dari pihak terlapor, pihaknya tinggal melakukan verifikasi sesuai data yang telah.

Karena itu, lanjut Ali, sidang ini disebut sidang administrasi cepat. Rencananya putusan sidang dibacakan besok (17/5/2019) secara langsung di Bawaslu untuk ketiga laporan tersebut.

"Besok kita akan bacakan tiga keputusan ini sekaligus. Ini kan sidang administrasi cepat, jadi gak perlu lama-lama. Karena kalau bukti dari pelapor lengkap, kita tidak akan lama untuk membuktikannya, karena data-data hasil pemilu juga sudah di pegang. Satu dua jam bisa selesai, misal suara dicuri, itu udah ketahuan," tandasnya.

AYO BACA : PMII Geruduk Bawaslu Kota Bekasi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar