Yamaha NMax

Warga Burangkeng Ingin Memiliki Zona Industri di Desanya

  Kamis, 14 Maret 2019   Ananda M Firdaus
Desa Burangkeng. (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

SETU, AYOBEKASI.NET--Selain permintaan akan adanya kompensasi uang untuk warga, pembangunan infrastruktur, jaminan kesehatan dan pendidikan, serta pengelolaan TPA lebih profesional, warga Burangkeng juga ingin memiliki zona industri di desanya.

Adanya zona industri ikut tertuang menjadi salah satu tuntutan warga yang disuarakan melalui Tim 17 untuk direalisasikan pemerintah sebagai timbal balik keberadaan lahan TPA di desa yang sudah hampir berumur 23 tahun.

AYO BACA : Kades Burangkeng Kuasakan Putusan Warga Kepada Tim 17

Sekretaris Desa Burangkeng, Ali Gunawan mengungkapkan, permintaan tersebut telah melalui pertimbangan tim 17. Salah satunya karena potensi kewilayahan Desa Burangkeng sangat sedikit atau hampir tidak ada lagi untuk diangkat atau dikembangkan sehingga berbuah manfaat bagi masyarakat.

Dengan keberadaan TPA Burangkeng, diakui Ali, tidak membawa keuntungan bagi warga. Jangankan perusahaan ingin membangun di kawasan ini, perumahan pun tak satupun mau singgah membangun di sekitar kawasan TPA.

AYO BACA : 600 Bidang Tanah di Burangkeng Kena Pembangunan Proyek Tol Japek II Selatan

Akhirnya, masih banyak pengangguran karena tidak serta merta bisa berkembang di lingkungannya. Alih-alih dengan ditetapkan menjadi kawasan industri mampu membuka peluang mengurangi angka pengangguran tersebut.

"Lahan TPA tidak bisa mengurangi jumlah pengangguran, tapi sudah jelas kalau ada zona industri, barangkali yang tidak bisa masuk (bekerja) di TPA, bisa kerja di pabrik, itu untuk penyeimbang," katanya, Kamis (14/3/2019).

Dia menambahkan, dengan ditetapkan kawasan industri sendiri, maka industri-industri kecil lokal yang sudah ada bisa semakin berkembang. Disamping itu, membuka peluang pembangunan perusahaan-perusahaan besar.

Menurutnya, desa bisa maju karena didorong dan difasilitasi pemerintah. Dia pun mengingatkan hal ini perlu dilakukan selain tuntutan warga yang lain, mengingat Desa Burangkeng berpenduduk paling banyak ketimbang desa-desa lain di Kecamatan Setu.

"Jadi tidak secara langsung kalau ditetapkan menjadi zona industri, mampu mendorong ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran," tandasnya.

AYO BACA : Nasib TPA Burangkeng Diharapkan Membaik Usai Bertemu DLH


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar