Yamaha NMax

Bang Bek dan Mpok Asi Pemegang Rekor MURI Maskot Terbesar Se-Indonesia

  Minggu, 10 Maret 2019   Ananda M Firdaus
Pemecahan rekor MURI maskot terbesar se-Indonesia, Bang Bek dan Mpok Asi di kawasan Fresh Market Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (10/9/2019). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Maskot kebanggaan Kota Bekasi, Bang Bek dan Mpok Asi tercatat sebagai pemegang rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) maskot terbesar se-Indonesia.

Penyematan maskot terbesar ini dilangsungkan dalam agenda Festival Budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke-22 tahun di kawasan Fresh Market Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (10/3/2019). 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Bekasi, Zarkasih mengungkapkan, pemecahan rekor ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan Bang Bek dan Mpok Asi sebagai maskot Kota Bekasi. Pemecah rekor pun sengaja dibingkai dalam sebuah even tahunan agar masyarakat di luar Kota Bekasi juga semakin tertarik dengan kota berjuluk Kota Patriot ini.

AYO BACA : Pesan Wali Kota di Umur Kota Bekasi ke-22

"Kita berharap, dalam kegiatan seperti ini akan mendatangkan wisatawan dari luar datang kota kita, bahwa di kota ini banyak even dan kegiatan. Mereka hadir di kita, bermalam di kita, belanja di kita, dan itu akan meningkatkan pendapatan asli Kota Bekasi," ujar Zarkasih usai penyematan rekor untuk Bang Bek dan Mpok Asih. 

Manajer MURI, Triyono, mengungkapkan pemecahan rekor terbesar ini setelah maskot Bang Bek dan Mpok Asi mengalahkan ukuran rekor maskot sebelumnya yang pernah dibuat di daerah lain. 

"Hari ini ada sebuah pemecahan rekor terbaru, yakni boneka maskot terbesar. Sebelumnya pernah ada rekor 7 meter, pada hari ini Maskot Kota Bekasi mengalahkan itu, tingginya 9 meter dan lebar 5 meter," kata Triyono. 

AYO BACA : Didoakan Jadi Wagub DKI di Upacara HUT Bekasi, Syaikhu Merasa Tersanjung

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan rekor MURI maka ada sejumlah syarat sesuai pengkategorian. Yakni kategori superlatif berdasarkan ukuran, kedua berdasarkan inovasi atau kreasi yang belum pernah ada, ketiga hal yang unik yang belum pernah dilakukan oleh orang atau daerah lain. 

"Dan maskot Kota Bekasi ini masuk ke dalam kategori superlatif, berdasarkan ukuran terbesar dari yang pernah ada. Kami harap boneka maskot terbesar ini mampu mengangkat nama Kota Bekasi bahwa Bekasi punya maskot pemecah rekor," tandasnya. 

Maskot Bang Bek dan Mpok Asi pemecah rekor ini terbuat dari material kerangka bambu, diisi oleh bahan darcon (serat tekstil) dan dilapisi kain vinyl. Mereka sendiri mulai dikenalkan pada perayaan HUT Kota tahun 2017.

Nama maskot Bang Bek diambil dari penggalan Bek-Asi (Bekasi) dengan maksud supaya mudah diingat dan diucapkan. Baju yang dikenakan Bang Bek adalah baju khas Jawara Bekasi dengan kombinasi baju dan celana panjang warna hitam, kaos dalam warna putih dan kopiah hitam ditambah aksesori sarung dan golok di pinggang dan kumis tebal di bagian muka yang menunjukkan jawara.

Sementara Mpok Asi, namanya diambil dari kata selanjutnya Bekasi, yakni Asi. Secara penampilan baju yang dikenakan Mpok Asi adalah pakaian adat Betawi sehari-hari untuk perempuan, berupa baju kurung berlangan panjang. Untuk warna baju kurung biasanya menggunakan warna mencolok, diserasikan dengan bawahannya berupa kain sarung batik.

AYO BACA : Tabur Bunga Makam Pahlawan Sambut HUT ke-22 Kota Bekasi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar