Yamaha Aerox

Pemkot Bekasi Siapkan 130 Ribu Blangko KIA untuk 2019

  Senin, 11 Februari 2019   Ananda M Firdaus
Cucu Wali Kota Bekasi, Aleesha Adrena Effendi, bersama sang ibu memegang KIA, Bekasi Selatan, Senin (17/12/2018). (Istimewa)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Pemerintah Kota Bekasi tengah menyiapkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk warganya. Pada 2019, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi sebanyak 130 blangko akan diterbitkan untuk pencetakan itu. 

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jawa Barat Taufiq Rachmat Hidayat mengatakan, meski KIA dipastikan sudah dapat dipegang oleh warga pada tahun sekarang, namun salah satu fungsinya, yakni untuk syarat sekolah belum diwajibkan.

Pihaknya masih memprioritaskan ketersediaan blangko dan pencetakan KIA sehingga orang tua anak tidak tergesa-gesa dalam proses pembuatan. Pihaknya juga membentuk petugas pamor di tingkat RW, agar kebutuhan pencetakan ini bisa terakomodir sesuai kebutuhan lapangan. 

"Pelayanan KIA akan berkelanjutan. Sebanyak 130 ribu blangko KIA dipersiapkan untuk mengakomodir pelayanan warga Kota Bekasi," katanya, Senin (11/2/2019).

KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang nantinya diterbitkan oleh Disdukcapil. 

KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara Indonesia.

Dalam Penerbitan KIA tidak perlu dilakukan perekaman data kependudukan sebagaimana penerbitan KTP Elektronik namun setelah memasuki usia 17 tahun harus mengikuti perekaman guna diterbitkanya KTP Elektronik pengganti KIA.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar