Yamaha Aerox

Dishub Bekasi Libatkan Masyarakat dalam Rencana Konversi Angkot ke Bus

  Rabu, 06 Februari 2019   Ananda M Firdaus
Bus Trans Patriot Kota Bekasi. (Ananda M Firdaus/ayobekasi.net)

MEDAN SATRIA, AYOBEKASI.NET -- Rencana konversi angkutan kota (angkot) menjadi bus yang diwacanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi belum menemui titik final. Dishub berencana untuk melibatkan masyarakat langsung dalam rencana ini.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi, Fatikhun, mengungkapkan rencana ini adalah salah satu solusi ideal guna mengurangi volume kendaraan di ruas jalan yang kerap menyebabkan kemacetan. Akan tetapi, usulan itu baru sebatas formulasi. Salah satunya adalah mengenai rasio angkot bila dikonversi menjadi bus, misalnya tiga angkot menjadi satu bus.

"Kita akan mencoba ajak ngobrol lagi temen-temen seperti organda yang kemarin baru menggelar pemilihan ketua, diharapkan ke depan organda jadi mitra, walaupun formulanya sudah kita siapkan dan lepaskan polanya ke masyarakat," ujar Fatikhun.

AYO BACA : Dishub Bekasi Rumuskan Angkot Berbasis Daring

Dia menjelaskan, rencana ini bisa terlaksana selain dari dukungan berbagai pihak, juga bantuan secara pendanaan, karena untuk mengkonversi angkot menjadi bus membutuhkan biaya tidak sedikit.

Menurutnya, masyarakat atau pemodal, bisa membantu menggenapi rencana ini. Selain regulasi, pihaknya siap memfasilitasi kesediaan tersebut sehingga rencana cepat untuk terwujud.

"Kita lebih ke regulasi, memonopoli kebijakannya. Paling tidak kita memberikan kesempatan kepada masyarakat berpartisipasi dalam rangka memperbaiki layanan umum transportasi," tambah dia. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar